Soal dan Jawaban materi Meneladan Yesus - Agama Katolik 10 SMA/SMK


Berikut adalah soal mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas X SMA/SMK materi Meneladan Yesus lengkap dengan kunci jawaban.
Soal Essay:
  1. Jelaskan makna dari gelar Yesus sebagai Putra Allah menurut Kitab Suci!
  2. Jelaskan alasan mengapa Yesus diakui sebagai Juru Selamat!
  3. Berilah beberapa alasan mengapa Yesus disebut sebagai sahabat sejati!
  4. Berilah beberapa alasan mengapa Yesus dapat dijadikan sebagai idola bagi remaja!
  5. Hidup yang berpolakan hidup Yesus berarti kalian meniru atau menjadi serupa dengan hidup Yesus. Apa konsekuensinya bagi hidup kalian?
Kunci Jawaban:

1. Makna dari gelar Yesus sebagai Putra Allah menurut Kitab Suci adalah kata “Tuhan” (dalam bahasa Yunani “Kyrios”) berarti “Dia yang mengatur seseorang atau sesuatu”. Maka kalau Yesus disebut Tuhan hal itu berarti Yesus yang memiliki kuasa untuk mengatur atau memimpin. Gelar “Tuhan” menunjukkan kedudukan dan peranan Yesus sebagai tokoh yang diurapi Allah (bdk. Luk. 2: 11) yang memiliki wibawa mulia. Gelar “Tuhan” dikaitkan dengan peranan Yesus sebagai yang punya wibawa untuk menyelamatkan. memiliki kuasa dan wewenang untuk mengadili atau menghakimi.

2. Yesus diakui sebagai Juru Selamat karena Yesus telah menebus dosa-dosa umat manusia dengan pengorbanannya.

3. Beberapa alasan mengapa Yesus disebut sebagai sahabat sejati!
  • Yesus dapat diandalkan sebagai sahabat sejati. Yesus tidak hanya menyebut para murid-Nya sebagai sahabat, tapi Dia menawarkan Diri untuk menjadi sahabat semua orang. “Aku tidak lagi menyebut kamu hamba, sebab hamba tidak tahu apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi “Aku menyebut kamu sahabat” (Yoh. 15:15).
  • Untuk memupuk persahabatan-Nya dengan para rasul, Yesus menuntut dari mereka kepercayaan (Mat. 8:26, Yoh. 14:11). Sebaliknya, Ia sendiri sangat mempercayai rasul-rasul-Nya, walaupun sulit dimengerti. Misal-nya: Yesus mempercayakan tugas-tugas penting kepada Petrus, padahal Petrus berulang kali tidak pantas dipercayai. (Yoh. 21:17)
  • Yesus sungguh mempercayai sahabat-sahabat-Nya. Kepercayaan itu pula yang sangat dibutuhkan kaum remaja. Yesus akan tetap mempercayai kita, walaupun mungkin kita telah mengecewakan-Nya berulang kali.
  • Yesus sangat menghormati kawan-kawannya, walaupun mereka datang dari masyarakat kalangan bawah. Yesus menerima mereka seperti adanya. Yesus membuka seluruh rahasia diri-Nya dan tugas perutusan- Nya. “Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahu pada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku” (Yoh. 15:15). Inilah sikap seorang sahabat yang sejati.
4. Beberapa alasan mengapa Yesus dapat dijadikan sebagai idola bagi remaja karena Yesus adalah tokoh yang dapat dijadikan panutan bagi kaum remaja. Kepribadian-Nya, ajaran-Nya, dan tindakan-Nya dapat kita jadikan panutan dalam hidup kita!

Ciri-ciri kepribadian Yesus antara lain adalah sebagai berikut:
  • Yesus dekat dengan sesama.
  • Yesus sangat “terbuka” terhadap siapa saja yang datang kepada-Nya.
  • Yesus berani membela kebenaran dan keadilan secara konsekuen.
5. Hidup yang berpolakan hidup Yesus berarti kita meniru atau menjadi serupa dengan hidup Yesus. Konsekuensinya bagi hidup kita adalah Iman akan Yesus bukan sekadar mengenal, memahami siapa Yesus, melainkan dan terutama “meniru”, “meneladan”, “mengenakan” atau “menjadi serupa dengan” Kristus. Tetapi terlebih melakukan seperti yang dilakukan Yesus sendiri, dalam cara pikir, cara tindak Kristus dan seluruh pribadi Yesus.