Soal dan Jawaban materi Manusia Berkembang berkat Peran Sesama – Agama Katolik 7 SMP


Berikut adalah soal mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas VII SMP materi Manusia Berkembang berkat Peran Sesama lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Apa yang sebaiknya kalian lakukan agar keutuhan dan keharmonisan keluarga tetap terjaga?
  2. Mengapa keluarga disebut pendidik pertama dan utama seorang anak?
  3. Yesus adalah pribadi Pembelajar. Ceritakan satu peristiwa dalam hidup Yesus yang dapat menjelaskan bahwa Yesus adalah pribadi pembelajar! Apa makna peristiwa tersebut?
  4. Apa yang dapat diteladani dari Yonathan dalam persahabatannya dengan Daud?
  5. Para Gembala dalam Gereja Katolik memberi keteladanan hidup yang baik kepada umatnya. Sebutkan dan jelaskan: keteladanan dalam hal apa yang paling kalian kagumi dari mereka!
Kunci Jawaban:

1. Yang sebaiknya saya lakukan agar keutuhan dan keharmonisan keluarga tetap terjaga adalah mendoakan anggota keluarga, terlibat dalam pekerjaan dalam keluarga, memberi perhatian pada peristiwa-peristiwa istimewa anggota keluarga (misalnya: ulang tahun perkawinan orang tua, ulang tahun anggota keluarga, dsb).

2. Keluarga disebut pendidik pertama dan utama seorang anak karena dalam keluargalah anak pertama kali mendapat pendidikan, mengenal nilai- nilai keutamaan sosial (kepedulian, pengampunan, dsb) dan keutamaan ilahi (berdoa, sikap mengandalkan Tuhan, dsb).

3. Yesus adalah pribadi Pembelajar. Satu peristiwa dalam hidup Yesus yang dapat menjelaskan bahwa Yesus adalah pribadi pembelajar yaitu Yesus pada umur 12 tahun memanfaatkan kepergian-Nya ke Yerusalem untuk merayakan Paskah dan untuk belajar agama dari ahli Taurat.

Makna peristiwa tersebut adalah hal itulah yang membuat Yesus berkembang menjadi pribadi yang penuh hikmat dan kebijaksanaan.

4. Yang dapat diteladani dari Yonathan dalam persahabatannya dengan Daud adalah Yonatan berani melindungi Daud dari upaya pembunuhan ayahnya sendiri, karena mengetahui Daud orang benar.

5. Keteladanan dalam hal yang paling saya kagumi dari Para Gembala dalam Gereja Katolik adalah kesederhanaan, totalitas dalam melayani, hidup doanya yang baik.