Soal dan Jawaban materi Kemampuan dan Keterbatasanku – Agama Katolik 7 SMP


Berikut adalah soal mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas VII SMP materi Kemampuan dan Keterbatasanku lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:

1. Bacalah Injil Matius 25:14-15,19-21 berikut ini!

14”Sebab hal Kerajaan Surga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka.15 Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya, lalu ia berangkat. 19 Lama sesudah itu pulanglah tuan hamba-hamba itu lalu mengadakan perhitungan dengan mereka. 20 Hamba yang menerima lima talenta itu datang dan ia membawa laba lima talenta, katanya: Tuan, lima talenta tuan percayakan kepadaku; lihat, aku telah beroleh laba lima talenta. 21Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.

Pesan apa yang hendak disampaikan dalam Injil Matius berkaitan dengan pengembangan talenta?

2. Bacalah kisah singkat berikut ini!
Ardi adalah seorang remaja. Dia sangat aktif dalam kegiatan di sekolah maupun gereja. Dia memiliki suara yang sangat merdu, dia memiliki bercita- cita untuk menjadi seorang penyanyi. Tetapi dia sangat pemalu dan rendah diri.

Menurut kalian, apa yang harus dilakukan oleh Ardi dalam mengatasi keterbatasannya tersebut sehingga kemampuan yang dimilikinya dapat berkembang secara maksimal?

3. Bacalah Kitab Yeremia 1:5-8 berikut ini!

Firman TUHAN datang kepadaku, bunyinya:
5 “Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa.” 6 Maka aku menjawab: “Ah, Tuhan ALLAH! Sesungguhnya aku tidak pandai berbicara, sebab aku ini masih muda” 7 Tetapi TUHAN berfirman kepadaku: “Janganlah katakan: Aku ini masih muda, tetapi kepada siapapun engkau Kuutus, haruslah engkau pergi, dan apapun yang Kuperintahkan kepadamu, haruslah kausampaikan. Janganlah takut kepada mereka, sebab Aku menyertai engkau untuk melepaskan engkau, demikianlah firman TUHAN.”


a. Apa keterbatasan Yeremia menurut kutipan teks Kitab Suci tersebut?
b. Apa yang dilakukan Tuhan terhadap Yeremia?
c. Apa pesan yang dapat kalian petik dari sikap Yesaya terkait dengan usaha kalian dalam mengembangkan kemampuan dan mengatasi keterbatasan?

Kunci Jawaban:

1. Pesan yang hendak disampaikan dalam Injil Matius berkaitan dengan pengembangan talenta adalah Kita dipanggil oleh Tuhan untuk bertanggung jawab mengembangkan talenta yang telah dipercayakan kepada kita.

2. Yang harus dilakukan oleh Ardi dalam mengatasi keterbatasannya tersebut sehingga kemampuan yang dimilikinya dapat berkembang secara maksimal yaitu berlatih terus menerus, belajar tampil di depan umum, bergaul dengan yang memiliki kemampuan bernyanyi.

3. a. Keterbatasan Yeremia menurut kutipan teks Kitab Suci tersebut adalah Yeremia tidak pandai bicara.

b. Yang dilakukan Tuhan terhadap Yeremia yaitu Tuhan tetap memanggil dia sebagai nabi dan memotivasi dia supaya tidak takut.

c. Pesan yang dapat saya petik dari sikap Yesaya terkait dengan usaha kalian dalam mengembangkan kemampuan dan mengatasi keterbatasan adalah kita diingatkan untuk berani mempercayakan diri pada Tuhan, sebab Tuhan sering kali menggunakan apa yang dianggap kelemahan sebagai sarana menyelamatkan sesama.