Soal dan Jawaban materi Kolaborasi Antarbudaya di Indonesia - PPKn 10 SMA/SMK


Berikut adalah soal mata pelajaran PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) Kelas 10 SMA/SMK materi Kolaborasi Antarbudaya di Indonesia lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Apa kesepakatan tentang dasar negara yang dihasilkan dari anggota BPUPK yang memiliki keragaman latar belakang agama dan budaya?
  2. Berikan analisismu atas konflik bernuansa suku dan agama yang pernah terjadi di Indonesia?
  3. Apa manfaat yang dapat diambil dari kunjungan ke kelompok minoritas?
  4. Setelah kalian berkunjung ke kelompok minoritas, bagaimana persepsi kalian terhadap mereka?
Kunci Jawaban
1. Kesepakatan tentang dasar negara yang dihasilkan dari anggota BPUPK yang memiliki keragaman latar belakang agama dan budaya yaitu membentuk identitas nasional yang tidak merefleksikan semangat kelompok, tetapi juga sekaligus memayungi kebutuhan semua kelompok.

2. Analisis saya atas konflik bernuansa suku dan agama yang pernah terjadi  di Indonesia adalah sebagai berikut:
Konflik-konflik bernuansa Suku dan Agama kerap terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Konflik bernuansa suku dan agama terjadi karena kesadaran masyarakat terhadap isu diskriminasi suku dan toleransi beragama masih rendah. Fenomena tindak intoleransi dan diskriminasi ini memiliki dampak tidak langsung terhadap situasi demokratisasi di Indonesia dan akan merusak kehidupan harmoni masyarakat yang telah terbentuk sekian lama.

Menurut saya, intoleransi dan diskriminasi yang bersinggungan dengan nuansa suku dan agama belum menunjukkan tanda-tanda akan melandai dan masih kerap terjadi.

3. Manfaat yang dapat diambil dari kunjungan ke kelompok minoritas, diantaranya:
  • Membuka mata dan mengembangkan sudut pandang yang berbeda dalam memandang kelompok minoritas
  • Menambah pemahaman dan keyakinan tentang pentingnya dukungan bagi kaum minoritas
  • Mengetahui keluhan, permasalahan-permasalahan dan pengalaman diskriminasi yang mungkin pernah di alami oleh kaum minoritas
  • Mengubah pola pikir tentang kelompok minoritas
  • Memiliki wawasan yang luas dalam memandang suatu kelompok minoritas
4. Setelah saya berkunjung ke kelompok minoritas,persepsi saya terhadap mereka adalah: awalnya saya memiliki persepsi negatif serta sikap “alergi” terhadap kelompok minoritas ini. Tetapi setelah saya berkunjung ke kelompok minoritas saya baru dapat menyadari dan memahami ternyata anggapan saya selama ini salah. Selanjutnya sikap saya terhadap mereka adalah menghormati dan menghargai mereka dimanapun mereka berada sekalipun mereka kelompok minoritas.