Soal dan Jawaban materi Nilai-Nilai Kejuangan Masa Revolusi - Sejarah Indonesia XI SMA/SMK


Berikut adalah soal mata pelajaran Sejarah Indonesia XI SMA/SMK materi Nilai-Nilai Kejuangan Masa Revolusi lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Sebutkan tiga tokoh yang sangat berkesan dalam pikiranmu, kemudian tuliskan peranan tokoh tersebut dalam perjuangan revolusi kemerdekaan. Nilai-nilai apa yang pantas ditiru dari tokoh tersebut? Jelaskan alasanmu!
  2. Nilai-nilai kejuangan para tokoh revolusi kemerdekaan masih relevan diterapkan pada kehidupan sekarang dan yang akan datang? Pilihlah tiga nilai yang dapat diamalkan pada kehidupan siswa dan pemuda pada masa sekarang!
  3. Buatlah suatu rencana kegiatan berkelompok yang mungkin kamu lakukan untuk mengamalkan nilai-nilai perjuangan revolusi kemerdekaan!

Kunci Jawaban

1. Tokoh yang sangat berkesan dalam pikiran saya, peranannya dalam perjuangan revolusi kemerdekaan serta nilai-nilai apa yang pantas ditiru dari tokoh tersebut adalah sebagai berikut:
a. Jenderal Sudirman
Peranan yang dimainkan oleh Jenderal Soedirman dalam perjuangan revolusi kemerdekaan di Indonesia ialah memimpin perang gerilya, melucuti senjata Jepang, memimpin Pertempuran Ambarawa, melakukan reorganisasi Tentara Keamanan Rakyat dan melakukan rasionalisasi Tentara Nasional Indonesia.
 
Nilai-nilai yang pantas ditiru dari Jenderal Sudirman adalah pemimpin, guru, selalu taat kepada pemimpin bangsa, religius dan tidak pernah takut dan gentar sedikitpun akan kekuatan asing.

b. Ir. Sukarno
Sukarno berperan dalam memperjuangkan dan mempersiapkan kemerdekaan, seperti merumuskan Pancasila, UUD 1945, dan dasar-dasar pemerintahan Indonesia termasuk merumuskan naskah proklamasi kemerdekaan.

Nilai-nilai yang pantas ditiru dari Sukarno yaitu rela berkorban dan memiliki rasa nasionalisme tinggi.

c. Ahmad Subarjo 
Ahmad Subarjo secara langsung berperan aktif mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dalam BPUPKI, merumuskan UUD dasar bersama panitia 9, menengahi konflik pada peristiwa Rengasdengklok, dan merumuskan teks proklamasi bersama Sukarno dan Hatta

Nilai-nilai yang pantas ditiru dari Ahmad Subarjo adalah rela berkorban dan sikap bijaksana.

2. Nilai-nilai kejuangan para tokoh revolusi kemerdekaan masih relevan diterapkan pada kehidupan sekarang dan yang akan datang. Adapun nilai-nilai yang dapat diamalkan pada kehidupan siswa dan pemuda pada masa sekarang adalah:
  • Persatuan dan kesatuan, contohnya: Berteman dan membantu orang lain tanpa membedakan suku, agama dan ras
  • Rela berkorban dan tanpa pamrih, contohnya: Ikut jaga piket pos ronda walaupun tidak dibayar
  • Cinta pada tanah air, contohnya: Menggunakan produk-produk buatan Indonesia
  • Saling pengertian dan saling menghargai, contohnya: Saling menghormati antar manusia tanpa memandang suku, agama, warna kulit, tingkat ekonomi, maupun tingkat pendidikan
3. Rencana kegiatan berkelompok yang mungkin kita lakukan untuk mengamalkan nilai-nilai perjuangan revolusi kemerdekaan yaitu:
  • Kegiatan gotong-royong
  • Kegiatan siskamling/ronda meskipun tidak dibayar
  • Kegiatan bakti sosial dengan membagikan sembako bagi orang yang tidak mampu