Soal dan Jawaban materi Sistem Konsinyasi Produk Usaha Pengolahan Makanan Khas Daerah Yang Dimodifikasi Dari Bahan Pangan Nabati Dan Hewani


Berikut adalah soal mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan kelas XII SMA materi Sistem Konsinyasi Produk Usaha Pengolahan Makanan Khas Daerah Yang Dimodifikasi Dari Bahan Pangan Nabati Dan Hewani lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Modifikasi makanan berbahan nabati dan hewani merupakan produk yang bisa dikatan sebagai bahan makan kebutuhan, oleh sebab itu produk ini harus berkualitas serta bergizi lalu mengapa produk itu menjadi bagian dari aspek bauran pemasaran, jelaskan pendapatmu!
  2. Promosi suatu produk pada zaman sekarang dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi yang sangat canggih, jika seorang pedagang ingin mempromosilan produknya dan dia tidak bisa menggunakan aplikasi tersebut, lalu bagaimanakah cara dia menjual produknya, jelaskan pendapatmu!
  3. Basri ingin menjual makanannya di warung-warung terdekat, Basri ingin menggunakan system penjualan konsinyasi, lalu apakah konsinyasi ini adalah cara pemasaran yang baik?! Jelaskan menurut pendapat kalian!
  4. Apa yang dimaksud strategi harga dalam bauran pemasaran? Jelaskan!
  5. Memodifikasi makanan adalah salah satu cara agar konsumen tertarik dengan produk kita, bagaimanakah cara agar konsumen tersebut bisa menjadi pelanggan di tokomu, Jelaskan!

Kunci Jawaban
1. Produk itu menjadi bagian dari aspek bauran pemasaran sebab produk merupakan benda yang menjadi objek untuk di jual dengan nilai guna yang baik maka produk ini sangat penting.

2. Cara yang dapat dilakukan adalah menggunakan system konsinyasi yaitu dengan menitipkan produk di toko orang lain dengan syarat ada kesepakatan yang dibuat bersama antara consignor dan consignee.

3. Konsinyasi adalah cara pemasaran yang tidak saling merugikan dikarenakan system konsinyasi, jika produk tidak laku maka produk akan dikembalikan.

4. Strategi harga dalam bauran pemasaran ukuran nominal yang akan dilontarkan kepada konsumen, oleh sebab itu harga harus benar dihitung disesuaikan dengan biaya produksi yang dikeluarkan.

5. Cara agar konsumen bisa menjadi pelanggan di kita adalah menarik pelanggan serta harus mampu bersaing dengan harga, bersaing dalam hal promosi dan melihat tempat yang strategis sehingga konsumen dapat menjadi pelanggan karena nyaman, pemasaran dengan cara konsinyasi pun jika terjalin hubungan yang baik maka cogsinor dan cogsine akan berjalan sesuai kesepakatan dan menjadi pelanggan atau bekerjasama dalam berwirausaha.