Soal dan Jawaban materi Karya Seni Rupa Dua Dimensi Modifikasi - Seni Budaya (Seni Rupa) XI SMA


Berikut adalah soal mata pelajaran Seni Budaya (Seni Rupa) Kelas XI SMA materi Karya Seni Rupa Dua Dimensi Modifikasi lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Sebutkan jenis keseimbangan !
  2. Media seni lukis pada umumnya dibuat dari kain !
  3. Apakah yang dimaksud dengan unsur fisik pada sebuah karya seni rupa ?
  4. Sebutkan tiga dari prinsip seni !
  5. Contoh karya seni visual dua dimensi yang bergerak yaitu!
  6. Tuliskan tahap – tahap apa saja yang dilalui dalam proses kreatif sebuah karya seni rupa!
  7. Tuliskan dan jelaskan teknik – teknik cetak manual!
  8. Sebutkan tahapan dalam berkarya seni rupa dua dimensi lukisan tradisional papua dengan teknik cetak tinggi sederhana!
  9. Sebutkan dan jelaskan bahan – bahan alami yang ada di lingkungan sekitar yang dapat dimanfaatkan sebagai pewarna alami dalam berkarya seni rupa dua dimensi lukisan tradisional Papua teknik cetak tinggi sederhana!
  10. Berilah contoh pengintegrasian karya seni rupa dua dimensi lukisan tradisional Papua pada kehidupan sehari – hari!

Kunci Jawaban

1. Jenis – jenis keseimbangan, yaitu:
  • Keseimbangan sentral (terpusat)
  • Keseimbangan diagonal
  • Keseimbangan simetris
  • Keseimbangan asimetris
2. Media seni lukis pada umumnya dibuat dari kain Kanvas

3. Unsur fisik pada sebuah karya seni rupa adalah Titik, garis, bentuk, bidang, warna, tekstur, nada gelap terang, dan ruang

4. Prinsip seni antara lain: Kesatuan, keseimbangan, ritme atau irama, penekanan atatu aksen, komposisi, proporsi, gradasi, dan keselarasan atau harmoni.

5. Contoh karya seni visual dua dimensi yang bergerak yaitu Film atau video

6. Tahap – tahap yang dilalui dalam proses kreatif sebuah karya seni rupa adalah tahap persiapan, tahap elaborasi, tahap ilumunasi, dan tahap verifikasi.

7. Teknik - teknik cetak manual dalam seni grafis, antara lain teknik cetak tinggi atau teknik cukil, teknik intaglio, teknik etsa, teknik cetak saring atau disebut pula teknik sablon.

8. Tahapan dalam berkarya seni rupa dua dimensi lukisan tradisional papua dengan teknik cetak tinggi sederhana yaitu Pembuatan pewarna alami dan pembuatan acuan cetak.

9. Bahan-bahan alami yang ada di lingkungan sekitar yang dapat dimanfaatkan sebagai pewarna alami dalam berkarya seni rupa dua dimensi lukisan tradisional Papua teknik cetak tinggi sederhana yaitu:
  • Warna merah: pinang, kapur, sirih, daun jati muda
  • warna kuning: kunyit
  • warna hijau: daun pandan.
10. Contoh pengintegrasian karya seni rupa dua dimensi lukisan tradisional Papua pada kehidupan sehari – hari antara lain: Hiasan dinding, pakaian, kap lampu, tas, dompet, dan lain - lain.