Soal dan Jawaban materi Hakikat Fisika Dan Metode Ilmiah - Fisika X SMA


Berikut adalah soal mata pelajaran Fisika Kelas X SMA materi Hakikat Fisika Dan Metode Ilmiah lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
1. Tuliskan 3 hakikat fisika!
2. Jelaskan perbedaan fakta dan konsep, berilah contohnya!
3. Tuliskan urutan langkah atau prosedur dalam metode ilmiah!
4. Suatu penelitian mendapatkan simpulan bahwa air murni memiliki titik beku 0,036oC dan titik didihnya 98,966 oC dan setiap penambahan garam dengan konsentrasi 20 gram/liter tititk beku air turun sekitar -2,5 oC dan titik didihnya naik sebesar 0,4 oC. Berdasarkan pernyataan tersebut,
a. sebutkan variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol!
b. tuliskan judul penelitian yang sesuai!
c. tuliskan rumusan masalah yang sesuai!

5. Pada hari Kamis, 13 Februari 2014 gunung Kelud meletus. Cabang Fisika apakah yang mempelajari kejadian tersebut? Berilah alasan kalian!
6. Saat bekerja di laboratorium selain dibutuhkan kedisiplinan tinggi dalam mentaati aturan/tata tertib, di laboratorium juga harus tersedia alat keselamatan kerja. Tuliskan 5 (lima) contoh alat tersebut!

Kunci Jawaban

1. 3 hakikat fisika yaitu:
  • sebagai produk (“a body of knowledge”)
  • fisika sebagai sikap (“away of thinking”)
  • fisika sebagai proses (“a way of investigating”).
2. Perbedaan fakta dan konsep lengkap dengan contohnya adalah sebagai berikut:
Fakta ilmiah adalah deskripsi akurat tentang apa yang teramati, atau pernyataan objektif yang dapat dikonfirmasikan kebenarannya (empiric) tentang sesuatu yang benar-benar ada atau peristiwa yang benar-benar terjadi.

Contoh Fakta: magnet menarik benda-benda tertentu, butiran zat cair air yang jatuh di udara berbentuk bulat, dan pelangi terdiri atas beberapa warna.

Sedangkan konsep adalah rumusan akal atau gagasan umum tentang objek atau kejadian yang didasarkan pada sifat-sifat objek atau kejadian tersebut.

Contoh konsep: kutub magnet adalah bagian pada magnet yang memiliki kekuatan paling tinggi dan jarak adalah panjang lintasan yang dilalui benda ketika bergerak.

3. Urutan langkah atau prosedur dalam metode ilmiah adalah sebagai berikut:
Melakukan pengamatan, merumuskan masalah, mengumpulkan data/informasi, merumuskan hipotesa, melakukan percobaan, menganalisis data, dan menarik kesimpulan.

4. a). Variabel bebas: konsentrasi garam, variabel terikat: titik didih dan titik beku air, variabel kontrol: kemurnian air
b). Judul Penelitian: Pengaruh konsentrasi garam pada air terhadap titik beku dan titik didih air.
c). Rumusan masalah: Bagaimanakah pengaruh konsentrasi garam dalam air terhadap titik didih dan titik leburnya?

5. Cabang Fisika yang mempelajari kejadian Gunung Kelud yang meletus adalah Geofisika. karena geofisika mempelajari bumi dengan prinsip-prinsip fisika yang mencakup seismologi, vulkanologi, dan geodinamika.

6. Saat bekerja di laboratorium selain dibutuhkan kedisiplinan tinggi dalam mentaati aturan/tata tertib, di laboratorium juga harus tersedia alat keselamatan kerja, yaitu:
  • Pemadam kebakaran (hidrant)
  • Eye washer
  • Water shower
  • Kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan)
  • Jas Laboratorium
  • Peralatan pembersih
  • Obat-obatan