Soal dan Jawaban materi Sistem Pemasaran Produk (Prakarya dan Kewirausahaan) kelas X SMA


Berikut adalah soal mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (Pengelolaan) kelas X SMA materi Sistem Pemasaran Produk lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay
  1. Apa yang disebut dengan konsumen dan pesaing?
  2. Mengapa seorang pelaku usaha harus tahu pesaingnya?
  3. Apa keuntungan mengenali pesaing sebelum memasarkan produk?
  4. Apa yang dimaksud dengan strategi pemasaran?
  5. Jelaskan strategi yang tepat untuk menunjang keberhasilan pemasaran produk?
  6. Apa yang dimaksud rencana pemasaran?
  7. Mengapa rencana pemasaran harus dilakukan?
  8. Apa tahap proses perencanaan yang harus dilakukan?
  9. Apa yang dimaksud media pemasaran?
  10. Sebutkan media pemasaran yang bisa diterapkan dalam memasarkan produk!

Kunci Jawaban

1. Konsumen adalah setiap orang pemakai barang/jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, atau makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.

Pesaing adalah perusahaan lain yang menghasilkan atau menjual barang yang sama atau mirip dengan produk yang ditawarkan

2. Seorang pelaku usaha harus tahu pesaingnya karena untuk mengidentifikasi ancaman, kesempatan, atau permasalan strategis yang muncul akibat persaingan tersebut dan akan mengantarkan sebuah usaha pada perubahan hingga persoalan.

3. Keuntungan mengenali pesaing sebelum memasarkan produk adalah sebagai berikut:
  • Pengetahuan akan strategi kompetitif yang akan datang dapat memberikan prediksi dari ancaman dan keselamatan sebuah usaha.
  • Sebuah keputusan tentang strategi alternative lebih mudah didapatkan dengan kemampuan meramal reaksi yang sama dari pesaing utama.
  • Mengetahui kelemahan dan kekuatan pesaing akan melengkapi pemahaman yang dapat menjadi kunci kecakapan bagi seorang/sekelompok pelaku usaha untuk mengejar bermacam-macam strategi.
  • Dengan mengetahui kelemahan pesaing, akan memotivasi pelaku usaha untuk membentuk kekuatannya sendiri
4. Strategi pemasaran adalah upaya untuk memasarkan suatu produk, apakah itu barang atau jasa, menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi.

5. Strategi yang tepat untuk menunjang keberhasilan pemasaran produk, antara lain:
a. Product (Produk)
Beberapa hal yang penting diperhatikan mengenai produk adalah : (i)kualitas yang mampu menjawab dan memuaskan keinginan konsumen, (ii) kuantitas yang sanggup memenuhi kebutuhan pasar, (iii) penciptaan produk baru yang inovatif sesuai keinginan konsumen, (iv) penciptaan nilai tambah pada produk, dan (v) penciptaan produk yang mempunyai daur hidup (life cycle) panjang (jangan cuma booming sesaat).

b. Price (Harga)
Pada penetapan harga produk, beberapa hal yang perlu dipertimbangkan diantaranya, yaitu (i) mempertimbangkan harga pokok produksi, (ii) menyesuaikan harga produk dengan pasar yang kita bidik, dan (iii) melakukan perbandingan harga dengan produk sejenis yang sudah ada di pasar.

c. Place (Tempat)
Beberapa pertimbangan dalam penetapan tempat menjual produk, bisa dilakukan sebagai berikut: (i) lokasi penjualan sebaiknya yang mudah dijangkau konsumen, (ii) lokasi penjualan yang memiliki fasilitas yang memuaskan konsumen dan (iii) lokasi yang mempunyai nilai tambah: ada arena bermain anak dan keluarga, suasana belanja dan bertamasya, konsep “one stop shopping”. Produk makanan awetan dari bahan hewani dapat dijual di pusat oleh-oleh, ditempat wisata atau di restoran di tempat wisata.

d. Promotion (Promosi)
Beberapa saluran promosi yang bisa digunakan dalam membantu meningkatkan penjualan produk, bisa melalui media sosial, blog dan/atau website. Juga bisa dengan mengikuti bazar-bazar yang banyak dilakukan berbagai instansi/organisasi di lingkungan sekitar.

6. Rencana pemasaran adalah sebuah proses perkembangan sistematis dari susunan tindakan yang mengarah pada tujuan yang telah disepakati melalui proses analisis, evaluasi dan seleksi diantara kesempatan-kesempatan yang telah diprediksi sebelumnya.

7. Rencana pemasaran harus dilakukan agar semua orang bisa mengetahui tentang seputar produk-produk yang telah kita tawarkan, dan berusaha untuk membujuk mereka agar bersedia untuk membeli atau menggunakan produk yang telah kita tawarkan kepada pelanggan.

8. Tahap proses perencanaan yang harus dilakukan adalah sebagai berikut analisis situasi, penentuan tujuan, pemilihan strategi dan taktik untuk mencapai tujuan tersebut serta penilaian hasil secara periodik.

9. Media pemasaran adalah media yang di gunakan untuk memasarkan atau mempromosikan sebuah produk

10. Berikut ini adalah media pemasaran yang bisa diterapkan dalam memasarkan produk diantaranya: Mouth to Mouth, Media Cetak, Media Elektronik, iklan luar ruang, social media, Pertemuan Rutin, Pameran/Bazar, dan Telemarketing.