Soal dan Jawaban materi Ketahanan Pangan Nasional, Penyediaan Bahan Industri, Serta Potensi Energi Baru Dan Terbarukan Di Indonesia


Berikut adalah soal mata pelajaran Geografi kelas XI SMA materi Ketahanan Pangan Nasional, Penyediaan Bahan Industri, Serta Potensi Energi Baru Dan Terbarukan Di Indonesia lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay
  1. Pertanian merupakan sektor yang memiliki peranan signifikan bagi perekonomian Indonesia. Tuliskan macam-macam Potensi pertanian indonesia!
  2. Tuliskan pengertian lahan pertanian menurut BPS yang terdiri dari lahan sawah dan lahan bukan sawah! 
  3. Tuliskan pengertian peternakan beserta tujuannya!
  4. Tuliskan potensi untuk mengembangkan pembangkit energi tenaga surya!
  5. Tuliskan 3 Potensi energi kelautan Indonesia!

Kunci Jawaban
1. Macam-macam Potensi pertanian indonesia:
  • Keanekaragaman Hayati dan Agroekosistem
  • Lahan Pertanian
2. Lahan pertanian menurut BPS yang terdiri dari lahan sawah dan lahan bukan sawah adalah sebagai berikut:
Lahan Sawah, adalah lahan pertanian yang berpetak-petak dan dibatasi oleh pematang, saluran air, yang biasanya ditanami padi sawah. Lahan sawah terdiri dari:Sawah irigasi,Lahan sawah tadah hujan, Sawah pasang surut, Sawah lebak, Polder dan sawah lainnya.

Lahan bukan sawah, adalah semua lahan pertanian selain sawah. Terdiri dari tegal/kebun, ladang/huma, dan lahan yang sementara tidak diusahakan.

3. Peternakan adalah kegiatan membudidayakan dan mengembangbiakkan hewan ternak untuk mendapatkan keuntungan dari kegiatan tersebut. Tujuan peternakan adalah mencari keuntungan dengan penerapan prinsip-prinsip manajemen pada faktor-faktor produksi yang telah dikombinasikan secara optimal.

4. Potensi untuk mengembangkan pembangkit energi tenaga surya, yaitu:
Panas Bumi, Air, Biomassa, Matahari, Angin dan Hibrid, Energi Laut, Batu Bara, Tercairkan, Batu Bara Tergaskan, Gas Metana Batu Bara, Nuklir dan Hidrogen.

5. Potensi energi kelautan Indonesia:
  • Energi gelombang laut (wave energi), adalah energi yang dihasilkan dari pergerakan gelombang laut menuju daratan dan sebaliknya.
  • Energi pasang surut (tidal energi), adalah energi yang dihasilkan dari pergerakan air laut karena perbedaan pasang surut.
  • Energi panas laut (ocean thermal energy conversion/OTEC) adalah energi yang dihasilkan dari perbedaan temperatur antara permukaan yang hangat dan air laut dalam yang dingin tanpa menghasilkan gas rumah kaca ataupun limbah lainnya.