Contoh Mandok Hata di Acara Kelahiran Anak Bahasa Batak dan Indonesia

Acara esek-esek ni nasorang dakdanak/Hatutubu ni dakdanak (kelahiran anak) biasanya akan ada sesi mandok hata atau menyampaikan ucapan selamat atas kelahiran anak. Ucapan selamat kelahiran ini biasanya dibuat diacara esek-esek kelahiran anak atau disebut juga acara mamoholi atau sering disebut acara syukuran melahirkan.

Tujuan dari mandok hata di syukuran kelahiran anak ini adalah untuk menyampaikan suka cita, syukuran dan doa restu pada si anak serta untuk kedua orang tuanya.

Biasanya pihak yang menyampaikan ucapan selamat/mandok hata atas kelahiran anak ini adalah dari Tulang, Dongan Tubu, Dongan sahuta, rekan kerja kedua orang tua dan umum.

Jika posisi anda Tulang anda dapat menyebut si anak (yang baru lahir) Bere. Sedangkan jika posisi anda Dongan tubu, dongan sahuta dan umum anda dapat menyebut anak yang baru lahir itu: Anak/Boru/Dakdanak.

Berikut ini akan saya berikan contoh mandok hata di acara esek-esek/mamoholi/syukuran atas kelahiran anak.

Contoh mandok hata atas kelahiran anak dalam bahasa batak

Mauliate ma tapasahat tu Tuhanta, disiala asi dohot holong ni rohana di basa-basahon Tuhan di Ito nami dohot Lae nami sada dakdanak boru, ima na sorang na di ari Senin, 07 Juni 2021.

Las ma  rohamu di haroronami on. Tarlumobi ma tu bere nami on. Simbur magodang ma bere nami on. Sai anggiat ma gabe jolma namarbisuk on tujoloanon. Sehat ma ho bere. Sai dipadao Tuhan ma sian ho parsahiton dohot parmaraan. Sai Tuhanta ma namamasu-masu bere on. Jala sai anggiat ma bere on gabe siboan goar di hita saluhutna tujoloanon.

Songoni nang di Ito nami dohot Lae nami. Sai diramoti Tuhanta ma hamu. Anggiat dilehon tuhan hahipason dohot tiur nipassarian dihamu. Asa boi hamu pamudu-mudu bere namion asa sehat gabe marbisuk jala marhapistaran.

Ima hata sahat sian hami utusan sian Tulang. Butima.


Contoh mandok hata atas kelahiran anak dalam bahasa Indonesia

Puji dan Syukur kita panjatkan kepada Tuhan, karena berkat dan kasih setianya Tuhan telah mengaruniakan buat Ito kami dan Lae kami seorang anak perempuan yang lahir pada hari Senin, 07 Juni 2021.

Kiranya Tuhan memberkati tumbuh kembang bere kami ini. Semoga bere kami ini sehat selalu, jauh dari penyakit dan marabahaya. Semoga bere kami ini kelak menjadi anak yang bijaksana dan pintar. Kiranya kelak bere kami ini bisa mengharumkan nama baik keluarga.

Untuk Ito kami dan Lae kami, kiranya Tuhan memberi kesehatan, panjang umur dan rejeki agar mampu menjaga dan membimbing bere kami ini agar kelak menjadi anak yang sehat, bijaksana dan pintar.

Itulah kata sambutan dari kami utusan Tulang. Terima kasih.

Demikianlah contoh mandok hata/ucapan selamat atas kelahiran anak di acara esek-esek/pesta syukuran kelahiran anak bahasa batak dan bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat.

Artikel Terbaru