Doa Sebelum Memulai Ibadah di Gereja Bahasa Indonesia dan Batak

Saya adalah jemaat gereja HKBP di kota Medan. Biasanya setiap hari minggu kita selalu pergi ibadah kebaktian minggu. Di gereja kami ada beberapa sesi jadwal ibadah kebaktian setiap minggunya. Misalnya jam 8.00 pagi Ibadah bahasa Indonesia. Jam 10.30 Ibadah bahasa batak dan jam 17.00 ibadah bahasa Indonesia.

Kalau kami biasanya memilih ibadah jam 10.30 bahasa batak. Kenapa kami lebih memilih ibadah bahasa batak? Karena kalau ibadah bahasa Indonesia keq kurang sreg kurasa. Mungkin karena saya asli dari orang kampung toba sana kali ya... karena sejak kecil udah terbiasa gereja dikampung pake bahasa batak.

Memang digereja HKBP ibadah batak dan bahasa indonesia pada dasarnya sama. Cuman bahasanya yang beda.

Jadi, sebelum masuk ibadah atau sebelum ibadah dimulai dan setelah lonceng gereja berbunyi tanda ibadah mau di mulai, biasanya kan kita berdoa dulu. Itupun doanya tidak terlalu lama hanya sekitar 10-20 detik aja.

Nah, berikut ini contoh doa sebelum kebaktian dimulai digereja.

Doa sebelum memulai ibadah bahasa Indonesia.

Tuhan, saat ini kami akan memulai ibadah di dalam gerejaMu yang kudus. Berkatilah kami serta bukalah hati dan pikiran kami untuk beribadah kepadaMu dari awal ibadah sampai ibadah ini selesai. Amin.

Doa sebelum memulai ibadah bahasa batak.

Ale Debata, amanami di banua ginjang. Nuang masuk ma hami diparmingguon nami sadarion di bagas jorom. Pasu-pasu hami jala buka roha dohot pikkiran nami di namandohoti parpunguan di parmingguon nami mulai sian na mamukka sahat ro di ujungna. Amen.

Doanya memang singkat karena waktu untuk berdoa sebelum memulai ibadah ini memang singkat gak sampe 1 menit.

Kalaupun ada beberapa hal yang mau didoakan dan agak banyak seperti doa pergumulan hidup, doa minta sesuatu hal dan lain sebagainya, anda dapat berdoa sebelum dan sesudah ibadah kebaktian selesai. 

Kalau saya sendiri biasanya berdoa banyak hal setelah sampai digereja dan sebelum ibadah dimulai. Namun, banyak juga yang berdoa setelah ibadah selesai setelah menyanyikan amen-amen-amen.

Itulah contoh doa sebelum memulai ibadah di gereja. Semoga bermanfaat

Artikel Terbaru