15 Daftar Pertanyaan Penting Saat Kontrol Kehamilan

Dok saya bingung ini saya mau kontrol kehamilan ke dokter kandungan. Tapi saya bingung mau menanyakan apa saja terkait dengan kondisi kandungan saya dan janin saya. Siapkan catatan anda saya mempunyai beberapa list atau daftar pertanyaan yang wajib anda tanyakan saat anda kontrol kehamilan.

Sebagian ibu hamil ada yang bingung ketika kontrol kehamilan ketemu sama dokternya bingung mau menanyakan apa, karena bukan Cuma menanyakan gimana kondisi janin saya dok?. Paling dokter cuma jawab ya baik.

Kadang-kadang Cuma itu saja, itu pun sudah bersyukur dan jarang juga kadang-kadang yang periksa takut mau nanya-nanya sama dokternya, mungkin karena sungkan atau karena dokternya waktunya sedikit sibuk.

Jadi, kadang-kadang mau nanya juga sungkan atau sudah nanya tapi dokternya jawabnya singkat-singkat.

Pasti ada yang mengalami hal seperti itu. Nah, agar anda ada persiapan saat mau berkonsultasi sama dokter mengontrol kehamilan, supaya setidaknya oh iya saya mau menanyakan yang ini nih yang penting-penting saja supaya setidaknya saya dapat informasi yang cukup ketika saya kontrol kehamilan.

Daftar pertanyaan ini saya uraikan berdasarkan perkiraan usia kehamilan Anda. Di awal kehamilan kemudian masa pertengahan dan di akhir kehamilan Anda.

Di awal kehamilan tentunya ketika anda selesai habis melakukan Test Pack sudah positif nih, pasti juga anda akan pergi ke dokter untuk dilakukan USG setidaknya untuk tau apakah benar hamil, berkembang atau tidak dan lain sebagainya. Yang wajib anda tanyakan saat anda kontrol kehamilan pertama kali di trimester pertama sebelum dua bulan atau sebelum tiga bulan usia kehamilan Anda. Tanyakan pertanyaan seperti ini.

1. Dok, janin saya berkembang atau tidak? Ada janinnya atau tidak?. Kenapa pertanyaan ini penting? Karena tentunya pada saat itu sudah bisa terdeteksi usia kehamilan, setidaknya 5 Minggu keatas itu sudah kelihatan bakal janinnya. Minimal sudah ada kantungnya.

Pertanyaan ini penting untuk mendeteksi setidaknya apakah kehamilan anda berkembang dengan baik. Apakah anda mengalami hamil kosong atau blighted ovum, atau kehamilan anggur. Tentunya dengan pertanyaan ini setidaknya bisa menjawab keraguan anda apakah benar saya hamil, hamil saya sehat apa tidak.

2. Dok, hamil saya di dalam rahim atau diluar rahim atau lebih di kenal Ektopik? Ini penting juga karena dengan anda tau oh kehamilan yang normal didalam rahim, berarti kehamilan anda sehat-sehat saja.

Tapi, kalau misalnya kehamilannya oh di luar rahim nih.. ya tentunya ada tindakan khusus yang harus dilakukan setidaknya kehamilan tidak bisa dipertahankan terlalu lama.

Jadi 2 pertanyaan itu penting anda tanyakan di awal kehamilan anda.

Setelah tau di awal kehamilan di USG, oia sudah ada janinnya, sudah ada kantungnya. Nanti USG ulang ya 2 minggu atau 4 minggu lagi.

Nah, setelah itu berarti kita masuk ke masa kehamilan atau di pertengahan kehamilan antara kehamilan trimester pertama, trismester kedua sampai ke trimester ketiga. Berikut ini adalah pertanyaan yang harus anda siapkan.

3. Dok, janin saya beratnya berapa? Sesuai usia kehamilan atau tidak. Karena seperti anda tau bahwa sebenarnya setiap kali USG dokter biasa ya paling sering di cek adalah tingkat kepala bayi untuk menentukan usia kehamilan berapa. Kemudian lingkar perutnya untuk tau berat bayinya berapa perkiraan. Jadi, disitu nanti akan ketahuan pasti oh beratnya sudah 1 kilo, oh beratnya baru 500 gram dan lain sebagainya

4. Memasuki trimester kedua, biasanya sudah kelihatan nih bagian tubuh janin. Anda dapat menanyakan: Dok organ janin saya lengkap? Termasuk kaki, tangan dan lain sebagainya. Karena nanti di USG sudah kelihatan tuh oh sudah gerak-gerak, janinnya sudah kelihatan nih, jarinya ada lima. Kemudian kakinya dan lain sebagainya. Itu bisa dideteksi melalui pemeriksaan USG.

5. Dok, panjang janin saya berapa? Jadi janin sebenarnya bisa di ukur bunda, minimal dari kepala sampai ke tulang ekornya. Jadi, setidaknya tahu janin saya sudah sebesar ini, sudah sepanjang ini. Nanti dicocokkan dengan usia kehamilannya sesuai apa tidak.

6. Kemudian yang perlu anda tanyakan terutama usia kandungan sudah memasuki minggu ke 16 ke atas atau 4 bulan ke atas itu sudah kelihatan ari-arinya secara jelas. Anda wajib menanyakan Dok, ari-ari bayi saya dimana letaknya? apakah di atas, dibelakang, didepan atau dibawah. Tentunya ini menentukan untuk anda tindakan berikutnya untuk kontrol kehamilannya kemudian apa-apa yang harus dilakukan selama anda hamil. Sehingga kalau misalnya nih ari-arinya di bawah, tentunya sudah dipikirkan oh kayaknya gak bisa normal nih mungkin harus operasi caesar atau mungkin oh selama hamil saya tidak boleh begini, gak boleh begitu nanti takutnya pendarahan. Itu penting anda tanyakan.

7. Ketika sudah masuk ke 5 bulan ke atas mungkin sudah kelihatan jenis kelamin bayi anda. Jadi bagi Anda yang penasaran mungkin ingin tahu lebih dini atau kalau misalnya anda ingin kejutan saja mungkin pas lahir baru tahu ya gak usah ditanyakan. Nah, jenis kelamin ini bisa ditanyakan. Ini lebih pasti daripada mengira-ngira oh perutnya sudah besar, oh perutnya bulat, perutnya lancip mungkin ini  laki-laki.

Jadi dengan USG akan lebih akurat, Ini lebih akurat. Minimal sudah kelihatan bayinya cewek atau cowok.

8. Penting juga Anda tanyakan Dok, jantung janin saya gimana? Detak jantungnya gimana, normal gak? Dari USG itu juga bisa di ukur oh detak jantung bayinya sekian, cepat atau gak.

9. Lalu anda juga bisa menanyakan tali pusarnya melilit gak Dok? Ini kebanyakan ada juga dokter yang periksa untuk lilitan tali pusar sehingga bisa di deteksi lebih dini. Tapi, ada juga dokter tidak periksa. Tapi misalnya anda cek USG coba tanyakan saja supaya setidaknya oh ya tali pusar normal.

10. Berikutnya ketika anda memasuki trimester ke 3 terutama sudah mendekati mau lahiran, mungkin 34 minggu,35 minggu atau lebih mau lahiran biasanya Anda disarankan untuk melakukan USG lebih sering misalnya 2 minggu sekali atau 1 minggu sekali. Ini penting karena nantinya bisa dideteksi dini oh ini bisa lahir normal gak, atau di caesar, oh ini bisa lahiran tepat waktu atau gak, dan lain sebagainya.

11. Nah, yang penting anda tanyakan ketika USG di fase akhir trimester di akhir kehamilan. Anda harus memeriksakan menanyakan seperti berat janin untuk diperiksa untuk memprediksi oh beratnya cukup. Nanti kalau misalnya mau lahir setidaknya beratnya sudah diatas 2.5 kilo. Kalau misalnya kurang nanti bisa di lakukan intervensi misalnya pola makannya diperbaiki atau jenis makanan khusus yang harus dikonsumsi.

12. Kemudian yang harus ditanyakan juga adalah ketubannya. Ketuban melindungi bayi dari setiap gonjangan dan menjaga suhu janin agar tetap stabil di dalam rahim. Kemudian mencegah infeksi dan fungsi lainnya.

Anda bisa bertanya sama dokter. Dok, ketubannya cukup atau tidak?. Ketubannya keruh atau tidak?. Ini penting karena kadang-kadang ada diakhir-akhir kehamilan ketubannya sudah mulai berkurang sehingga ibu harus memperbanyak minumnya atau mungkin oh sudah harus dipersiapkan nih harus segera di lahirkan. Kira-kira seperti itu.

13. Selain ketuban, tentunya anda juga bisa menanyakan ari-ari. Selain lokasi, ari-arinya letaknya dimana apakah di atas, dibawah, dibelakang atau disamping bayi. bisa ditanyakan ari-arinya sudah berimigrasi atau masih disitu-situ aja. Ini menentukan bagi anda nantinya melahirkan normal atau Caesar. Kemudian juga anda menanyakan ari-arinya itu sudah ada pengapuran belum dok?.

Nah, pengapuran ari-ari atau pengapuran plasenta ini bisa terjadi semakin tuanya usia kehamilan. Biasanya 34 minggu, 35 minggu ke atas mulai harus ditanyakan kondisi ari-arinya sudah pengapuran berapa, masih bagus apa tidak. Kalau sudah ada pengapuran gradenya berapa? Bahaya tidak untuk janin? Itu penting untuk anda ketahui.

14. Yang terpenting juga adalah Dok, posisi janin saya dimana?. Kepalanya sudah dibawah belum? Atau masih sungsang? Atau masih melintang?. Ini juga menentukan anda harus ngapain dan harus lahirannya normal atau caesar.

15. Selain itu anda juga dapat menanyakan Dok, kepala bayi sudah masuk panggul belum? Ini dapat anda tanyakan di usia kehamilan 34 minggu ke atas. Biasanya kebanyakan memasuki minggu 36 bayi sudah masuk panggul. Tapi ada juga yang belum saat mau lahiran baru dia masuk panggul. Ini perlu juga anda tanyakan ketika anda kontrol diakhir-akhir kehamilan anda.

Mungkin cukup banyak ya list yang dapat anda tanyakan ke dokter ketika periksa kehamilan. Itulah gambaran bagi Ibu ketika mau kontrol harus menanyakan apa terkait dengan kondisi janin anda. Ketika ibu cek kontrol kehamilan jangan diam-diam saja. Anda wajib bertanya untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan kehamilan anda. Karena pasien berhak untuk mendapatkan informasi itu ke dokter.