Mau Beli AC Bekas? Inilah Yang Wajib Diperhatikan

Membeli AC Bekas tidaklah semudah membalikkan tangan. Orang mau membeli AC Second lantaran karena tidak mampu untuk membeli AC yang baru. Hal inilah yang mendorong hati untuk lebih memilih AC Bekas. AC  Bekas tetap bisa dipercaya untuk dibeli. Beberapa sumber dari AC Second yang terdapat dipasaran adalah bersumber dari tangan pemakai pertama. Dari tangan pertama ini sebenarnya yang lebih berkualitas ketimbang AC rekondisi.

Mungkin orang yang pemakai pertama ini membeli AC yang baru, sehingga ia lebih menjual AC lamanya ke toko elektronik atau tukang AC.

Agar pengalaman membeli AC Bekas anda beruntung, sebaiknya anda tau sedikit tips membeli AC Second. Agar kualitas Acnya sesuai dengan yang diharapkan.

Beberapa merk AC bekas yang sering dijual dipasaran yaitu: Panasonic, Sharp, Samsung, LG, Politron dan lain-lain.

Jika anda telah pernah membeli AC Bekas, sebaiknya anda sharing keteman-temanmu jika ada yang mau berniat mencari AC Bekas berkualitas.

AC Second ada berbagai macam yang dijual. Tersedia juga AC Bekas untuk kamar, ruang tamu dan ruang kantor. Jenis PK AC Second yang ada dipasaran yakni AC Bekas AC 1.5 PK, AC 1 PK, AC 3/4 PK, AC 1/2 PK dan AC 2 PK. Masing-masing AC ukuran PK memiliki daya watt yang berbeda-beda, yaitu Standart Watt dan Daya Watt tinggi.

Biasanya AC kapasitas daya watt yang rendah akan lebih mahal dibandingkan dengan AC bekas daya tinggi.

Bicara tentang strategi membeli AC Bekas. AC Bekas bisa anda dapatkan dengan kualitas bagus seperti baru, asal anda tau tipsnya. Berikut ulasan cara membeli AC bekas agar jangan salah beli.

1. Perhatikan Unit AC Outdoor
Perhatikan apakah seluruh bagian dan unit list mesin AC Outdoor masih ada dan berfungsi dengan baik. Cek list outdoor diantaranya:
  • Pastikan fisik tidak ada yang rusak
  • Cek compresor masih original atau tidak
  • Pastikan pres balik atau tidak
  • Cek condensor apakah mengalami kebocoran atau tidak

2. Perhatikan Unit AC Indoor
Yang wajib anda cek dan pastikan bahwa unit-unit pada bagian mesin AC Indoor masih ada dan apakah masih berfungsi dengan baik. Diantaranya adalah:
  • Cek fisik apakah ada yang cacat
  • Cek evaporator apakah ada kebocoran
  • Cek remote apakah ada atau tidak
  • Cek conection instalation apakah ada nepel sambungannya atau tidak
  • Cek apakah daya listrik mau transfer ke unit outdoor ada atau tidak.

Ciri-ciri AC Bekas yang baik adalah semua unit masih berfungsi dengan baik dan semua bagian-bagiannya masih lengkap ada dan tidak mengalami kerusakan satupun.

Sebetulnya jika anda punya teman atau kerabat keluarga yang bekerja pada jasa service AC, itu akan lebih bagus minta saran dari mereka. Karena tukang jasa service AC tau mana AC Bekas yang bagus dan dingin.

Jika ada penjual AC Bekas memberikan garansi itu lebih bagus daripada tidak sama sekali. Dengan membeli AC Second yang masih bergaransi, berarti AC tersebut masih tergolong bagus.

Lalu bagaimana jika AC bekas yang baru saja kita beli ternyata rusak dan tidak dingin? Sebaiknya panggil tukang service AC, biar diperiksa tukang AC tersebut. Jika ada kerusakan mungkin akan dilakukan pergantian unit.

Bijak-bijaklah dalam membeli AC Bekas agar tidak ada penyesalan.

Hati-hati dengan toko yang menjual AC Bekas dengan harga yang terlalu murah. Lebih baik beli AC Second yang harganya mahal, asal kualitasnya baik dan cepat mendinginkan ruangan anda.

Tips dasar dalam membeli AC Bekas yang baik adalah sebagai berikut:
  1. Kondisi bagian body atau casing AC masih mulus dan tidak karatan
  2. Tidak ada bekas goresan pada AC
  3. Periksa kabelnya apakah sudah terkelupas atau ada tempelan. Karena jika kabelnya rusak, bisa menyebabkan korsleting listrik dan menyebabkan unit AC rusak.
  4. Kondensor tidak ada yang bocor.
  5. Pastikan komresornya belum pernah diganti alias masih asli bawaanya.
  6. Pada  saat AC dinyalakan, pastikan semuanya masih berjalan dengan baik. Cek suaranya apakah bising atau tidak.
  7. Cek apakah Remotenya ada atau tidak. Biasanya remotenya selalu ada. Pastikan bahwa tombol pada remotenya masih berfungsi dengan baik
  8. Periksakan apakah ada transfer daya listrik yang mengalir ke unit outdoor. Jika tidak ada berarti AC bekasnya tidak bagus.
  9. Bergaransi atau tidak. Jika ada garansinya itu lebih bagus.
  10. Jika anda masih awam, sebaiknya bawalah kawan anda yang memang ahli dibidang AC. Agar anda tidak tertipu.

Jika Anda memiliki niat untuk membeli ac bekas, ada baiknya anda berdoa sebelum berangkat membeli ac bekas. Berikut adalah contoh doa hendak beli AC Second.

Tuhan, saat ini saya mau membeli AC Bekas. Saya tidak tahu banyak soal AC. Ya Tuhan, berilah aku petunjuk ditoko mana saya akan membeli AC bekas. Kiranya AC bekas yang akan kubeli nanti adalah AC bekas dengan harga yang terjangkau relatif murah tetapi juga berkualitas. Jangan lah biarkan penjual AC Bekas itu menipu saya. Terimalah doa ku ini. Amin.

Jika anda jangan salah memilih ac bekas, jangan tergiur dengan harga yang terlalu murah. Semoga pilihan AC bekas Anda adalah yang terbaik, murah, cepat dingin dan hemat listrik.

Postingan populer dari blog ini

Doa Kristen Sebelum Tidur Singkat, Padat dan Jelas

Biaya Kuliah T.A 2021/2022 Universitas Malahayati

Jadwal Pendaftaran PPDB T.A 2021/2022 SD, SMP dan SMA/SMK