Tujuan dan Fungsi Pusat Pelayanan Keluarga Sakinah (Pusaka Sakinah)

Pusat Pelayanan Keluarga Sakinah atau disingkat dengan Pusaka Sakinah adalah wadah baru untuk memberi penguatan kepada keluarga sebagai unit terkecil di tengah masyarakat.

Pusaka Sakinah ini baru saja diresmikan oleh Kementerian Agama melalui  Direktorat Bimbingan Masyarakat Islam di bantul disaksikan oleh Wakil Gubernur Provisi Daerah Istimewa Yogyakarta, Bupati Kabupaten Bantul, Aktivis Pendidikan Keluarga Alissa Wahid, Pejabat Provinsi dan Kabupaten, perwakilan Kakanwil Kemenag se-Indonesia, serta Kepala KUA dan penghulu.

Nantinya pusaka Sakinah ini akan menjadi bagian dari layanan Kantor Urusan Agama (KUA) yang dapat berperan menjadi perpanjangan tangan Kemenag yang dalam melakukan pembinaan keluarga. KUA itu sendiri terdapat 5.945 di Indonesia dan pemerintah terus berupaya memberikan peningkatan sarana dan prasarana untuk KUA agar semakin optimal membekali pasangan muda yang akan membangun rumah tangga, bimbingan perkawinan, bimbingan pra nikah, dan sebagainya.

Tak hanya itu saja, kemenag akan melakukan peningkatan kualitas SDM, terutama untuk penghulu dan Kepala KUA agar senantiasa dapat memberi program-program untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang kian hari semakin meningkat.

Adapun fungsi dan tujuan Pusaka Sakinah ini antara lain;
  • Memfasilitasi dan memberikan bimbingan serta konsultasi problem keluarga.
  • Motivasi masyarakat untuk meningkatkan dan memenuhi ekspektasi yang semakin meningkat.
  • Berperan aktif mencegah perkawinan usia anak, seks pranikah bagi remaja, serta kehamilan yang tidak dikehendaki.
  • Melaksanakan bimbingan kesehatan keluarga, untuk mencegah stunting, kematian ibu dan atau bayi, demi terwujudnya generasi yang berkualitas.
  • Memfasilitasi konsultasi dan pendampingan keluarga untuk mencegah Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), dan perceraian.
  • Menjadikan keluarga sebagai basis implementasi moderasi beragama.

Demikian informasi tentang Tujuan dan Fungsi Pusat Pelayanan Keluarga Sakinah (Pusaka Sakinah) ini dibuat. Semoga bermanfaat.


Postingan populer dari blog ini

Doa Kristen Sebelum Tidur Singkat, Padat dan Jelas

Biaya Kuliah T.A 2021/2022 Universitas Malahayati

Jadwal Pendaftaran PPDB T.A 2021/2022 SD, SMP dan SMA/SMK