Strategi Memilih #Hashtag TikTok Biar FYP, Bikin Videomu Jadi Viral

Ingin videomu tembus FYP (For Your Page) TikTok dan meraih popularitas? Hashtag adalah kuncinya! Penggunaan hashtag yang tepat dapat meningkatkan visibilitas kontenmu dan menarik perhatian lebih banyak pengguna.

Namun, memilih hashtag yang tepat tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada strategi dan trik khusus yang perlu kamu kuasai untuk membantumu menjadi bintang TikTok selanjutnya!

Sebelum menyelami dunia hashtag, penting untuk memahami bagaimana algoritma TikTok bekerja. Algoritma ini bertanggung jawab untuk menentukan video mana yang ditampilkan di FYP setiap pengguna. Hashtag berperan penting dalam membantu algoritma mengkategorikan kontenmu dan mencocokkannya dengan minat pengguna yang tepat.

Jenis-Jenis Hashtag TikTok

Secara umum, hashtag TikTok dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis, seperti:
  • Hashtag Umum: #fyp, #foryoupage, #tiktokindonesia, #trending
  • Hashtag Niche: #tutorialmakeup, #resepmasakan, #olahraga, #komedi
  • Hashtag Tantangan: #duetwithme, #reaction, #transformasi
  • Hashtag Merek: #namabrand, #produk, #promosi

Strategi Memilih #Hashtag TikTok Biar FYP

Berikut beberapa strategi memilih hashtag TikTok yang efektif:

1. Riset Hashtag yang Relevan

Memasuki dunia hashtag TikTok bagaikan menjelajahi lautan luas penuh peluang. Untuk menaklukkannya, kamu membutuhkan peta yang tepat. Riset hashtag adalah kuncinya!

Langkah pertama, manfaatkan fitur "Discover" TikTok. Layaknya mesin pencari ajaib, masukkan kata kunci terkait videomu dan temukan hashtag yang sedang populer dan trending. Perhatikan volume penggunaannya, semakin tinggi volumenya, semakin besar peluang videomu dilihat banyak orang.

Namun, jangan terpaku pada hashtag populer saja. Jelajahi lebih dalam dan temukan hashtag niche yang sesuai dengan ceruk kontenmu. Hashtag niche bagaikan jarum kompas yang membantumu menjangkau audiens yang tepat, mereka yang memiliki minat dan passion yang sama dengan videomu.

2. Kombinasikan Hashtag Umum dan Niche

Bayangkan hashtag umum seperti #fyp dan #foryoupage sebagai jalan tol yang menghubungkan videomu dengan khalayak ramai. Di sisi lain, hashtag niche ibarat jalan kecil yang mengantarkanmu ke komunitas khusus yang haus akan kontenmu.

Gunakan kombinasi mematikan ini untuk memaksimalkan jangkauan videomu. Hashtag umum akan membawamu ke hadapan banyak orang, sedangkan hashtag niche akan mengantarkanmu kepada audiens yang paling antusias dengan kontenmu.

3. Manfaatkan Hashtag Tantangan dan Tren

Di dunia TikTok, tren dan tantangan adalah ombak yang dapat mengantarkanmu ke puncak popularitas. Ikuti tren yang sedang hype dan partisipasi dalam hashtag tantangan yang viral. Ini adalah kesempatan emas untuk meningkatkan engagement, menarik perhatian audiens baru, dan membuat videomu meledak di FYP.

Namun, ingatlah untuk tetap selektif. Pilihlah tantangan dan tren yang sesuai dengan niche dan karaktermu. Konten yang orisinal dan kreatif akan selalu lebih dihargai oleh audiens dibandingkan sekadar mengikuti tren tanpa makna.

4. Gunakan Hashtag Merek (Jika Relevan)

Bagi kamu yang ingin menjelajahi dunia TikTok untuk mempromosikan merek atau produk, hashtag merek adalah senjata rahasia yang tak boleh dilewatkan. Gunakan hashtag yang relevan dengan brandmu, baik itu nama brand, produk, maupun tagline.

Hashtag merek akan membantumu menarik perhatian pelanggan potensial, meningkatkan brand awareness, dan membangun komunitas yang loyal di sekitar brandmu. Jadikan hashtag merek sebagai identitas unik yang membedakanmu dari kompetitor dan mengantarkanmu menuju gerbang kesuksesan bisnis di TikTok.

5. Perhatikan Jumlah Hashtag

Banyaknya hashtag ibarat pisau bermata dua. Di satu sisi, semakin banyak hashtag, semakin luas jangkauan videomu. Di sisi lain, algoritma TikTok dapat menandai penggunaan hashtag berlebihan sebagai spam.

Oleh karena itu, temukan keseimbangan yang tepat. Gunakan 3-5 hashtag yang relevan dan berkualitas dalam satu video. Angka ini bagaikan mantra ajaib yang dapat mengantarkan videomu ke FYP tanpa terjerat jeratan spam.

6. Tempatkan Hashtag di Posisi Strategis

Tempatkan hashtag di akhir caption videomu, bagaikan petunjuk jalan yang memandu audiens untuk menemukan informasi lebih lanjut. Kamu juga dapat menggunakan beberapa baris untuk memisahkan hashtag agar lebih rapi dan mudah dibaca.

Hindari menyembunyikan hashtag di tengah kalimat atau menggunakan simbol-simbol aneh yang membingungkan audiens. Ingatlah, tujuan utama hashtag adalah untuk membantu audiens menemukan videomu, bukan untuk membingungkan mereka.

7. Pantau Performa Hashtag

Setiap hashtag memiliki performa yang berbeda. Layaknya pelari maraton, ada hashtag yang unggul dan ada yang tertinggal. Pantau performa hashtag yang kamu gunakan dengan melihat statistik videomu.

Gunakan hashtag yang terbukti efektif dan buang hashtag yang performa rendah. Lakukan penyesuaian strategi hashtagmu secara berkala untuk memaksimalkan peluang videomu masuk FYP.