Sistem Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Bisakah Timnas Indonesia Lolos Putaran 4?


Apa itu Putaran 3 Zona Asia Piala Dunia 2026?

Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia adalah tahap ketiga dan terakhir dari proses kualifikasi Piala Dunia 2026 khusus untuk negara-negara di benua Asia. Pada putaran ini, 18 tim yang lolos dari Putaran 2 akan bersaing untuk memperebutkan 5 tiket ke putaran final Piala Dunia 2026.

Bagaimana Sistem Putaran 3?

18 tim yang lolos akan dibagi menjadi 3 grup dengan masing-masing berisi 6 tim. Pertandingan akan dilakukan dengan sistem kandang-tandang. Tim yang keluar sebagai juara dan runner-up grup akan lolos otomatis ke Piala Dunia 2026.

Sedangkan tim yang berada di peringkat ketiga dan keempat di setiap grup akan bertanding dalam play-off untuk memperebutkan 2 tiket lolos otomatis dan 1 tiket play-off antar konfederasi.

Bagaimana Indonesia Lolos ke Putaran 4?

Agar lolos ke Putaran 4, Timnas Indonesia harus meraih salah satu dari dua posisi teratas di grupnya di Putaran 3. Hal ini tidak akan mudah, mengingat Indonesia akan bersaing dengan tim-tim kuat seperti Jepang, Korea Selatan, Iran, dan Australia.

Namun, bukan berarti peluang Indonesia untuk lolos ke Putaran 4 tertutup. Timnas Indonesia telah menunjukkan performa yang cukup gemilang di Putaran 2, dengan berhasil menjadi runner-up Grup F dan mengalahkan tim-tim seperti Vietnam dan Thailand.

Berikut adalah beberapa strategi yang dapat dilakukan Timnas Indonesia untuk meningkatkan peluang lolos ke Putaran 4:
  • Memperkuat tim dengan pemain-pemain terbaik, baik di dalam maupun luar negeri.
  • Melakukan persiapan yang matang, termasuk pemusatan latihan dan uji coba melawan tim-tim kuat.
  • Menerapkan strategi dan taktik yang tepat saat pertandingan.
  • Mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat Indonesia.

Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akan menjadi fase krusial bagi Timnas Indonesia dalam perjuangannya untuk lolos ke Piala Dunia 2026. Dengan kerja keras, persiapan yang matang, dan dukungan penuh dari masyarakat, Timnas Indonesia bukan mustahil untuk mengukir sejarah baru dengan lolos ke putaran final Piala Dunia untuk pertama kalinya.

Catatan:
  • Pembagian grup untuk Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akan diundi pada 27 Juni 2024.
  • Pertandingan Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akan berlangsung dari September 2024 hingga Juni 2025.