Kunci Jawaban Informatika Halaman 119 Kelas 10 SMK/MAK - Sistem komputer tidak lepas dari interaksi antara komponen perangkat keras, perangkat lunak, dan pengguna

Berikut soal dan kunci jawaban informatika halaman 119 kelas 10 smk/mak tentang komponen perangkat keras, perangkat lunak, dan pengguna.

Sistem komputer tidak lepas dari interaksi antara komponen perangkat keras, perangkat lunak, dan pengguna. Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan untuk mengetahui kemampuan kalian secara mandiri.
a. Dengan pemahaman kalian, coba buatlah rangkuman dengan kata-kata sendiri tentang komponen dari Perangkat Keras dan Perangkat Lunak pada komputer.
b. Jelaskan perbedaan sistem operasi pada Windows dan Linux!
c. Pada interaksi antara komputer dan pengguna, coba berikan contoh manfaat yang didapatkan oleh penggunanya dalam menggunakan komputer terhadap Graphical User Interface (GUI).
d. Pada komponen Pengguna, berikan contoh dan jelaskan apa yang dikerjakan oleh seorang teknisi komputer!
e. Menurut kalian, jelaskan bagaimana proses kerja pada siklus Fetch, Decode, dan Execute!

Jawaban:

A. Rangkuman Komponen Perangkat Keras dan Perangkat Lunak pada Komputer

Sistem komputer merupakan hasil kolaborasi erat antara perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras, bagaikan organ tubuh komputer, terdiri dari komponen-komponen fisik yang dapat dilihat dan diraba, seperti CPU, RAM, dan penyimpanan data. Masing-masing komponen memiliki peran penting dalam menjalankan fungsi komputer. CPU, sebagai otak komputer, bertanggung jawab untuk memproses instruksi dan melakukan perhitungan. RAM menyimpan data dan instruksi yang sedang digunakan oleh CPU, sedangkan penyimpanan data menyimpan data dan program secara permanen.

Di sisi lain, perangkat lunak bagaikan jiwa komputer yang memberikan instruksi dan menjalankan seluruh sistem. Perangkat lunak terbagi menjadi dua jenis, yaitu sistem operasi dan aplikasi. Sistem operasi, seperti Windows dan Linux, mengelola sumber daya komputer dan menyediakan platform untuk menjalankan aplikasi. Sedangkan aplikasi, seperti Microsoft Office dan web browser, dirancang untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu sesuai kebutuhan pengguna.

B. Perbedaan Sistem Operasi Windows dan Linux

Memilih sistem operasi yang tepat tergantung pada kebutuhan dan preferensi pengguna. Windows terkenal dengan kemudahan penggunaannya dan banyak pilihan software yang kompatibel. Namun, Windows umumnya berbayar dan lebih rentan terhadap virus dan malware. Sedangkan, Linux menawarkan sistem operasi gratis dan open-source, serta keamanan yang lebih baik.

Namun, Linux terkesan lebih rumit bagi pemula dan memiliki pilihan software yang lebih sedikit dibandingkan Windows.

C. Manfaat Graphical User Interface (GUI)

Graphical User Interface (GUI) merevolusi cara pengguna berinteraksi dengan komputer. Berbeda dengan sistem operasi terdahulu yang menggunakan perintah teks, GUI menghadirkan ikon, gambar, dan menu yang intuitif. Hal ini membuat komputer jauh lebih mudah digunakan, bahkan bagi pengguna awam.

Pengguna tidak perlu menghafal perintah teks yang rumit, dan dapat menyelesaikan tugas lebih cepat dengan menggunakan drag-and-drop dan klik mouse. Tampilan GUI yang menarik dan interaktif pun menjadikan komputer lebih menyenangkan untuk digunakan.

D. Contoh Pekerjaan Teknisi Komputer

Teknisi komputer memainkan peran penting dalam menjaga kelancaran operasi komputer. Mereka bertanggung jawab untuk berbagai tugas, seperti memasang dan mengkonfigurasi perangkat keras dan perangkat lunak, menyelesaikan masalah komputer seperti virus dan kerusakan hardware, memperbarui perangkat lunak dan sistem operasi, membangun dan memelihara jaringan komputer, serta memberikan pelatihan dan dukungan kepada pengguna komputer. Keahlian dan ketelitian teknisi komputer sangatlah dibutuhkan untuk memastikan komputer dapat terus beroperasi dengan optimal.

E. Proses Kerja Fetch, Decode, dan Execute

Siklus Fetch, Decode, dan Execute adalah fondasi di balik kemampuan CPU dalam menjalankan instruksi. Proses ini terus berulang hingga semua instruksi dalam program telah dijalankan.
  • Fetch: CPU mengambil instruksi dari memori, bagaikan mengambil perintah dari buku panduan.
  • Decode: CPU menerjemahkan instruksi tersebut ke dalam bahasa mesin yang dapat dimengerti, seperti menerjemahkan bahasa asing ke bahasa ibu.
  • Execute: CPU kemudian menjalankan instruksi yang telah diterjemahkan, bagaikan melaksanakan perintah yang diberikan.

Ketiga langkah ini berkelanjutan, memastikan kelancaran proses eksekusi program dan menghasilkan keluaran yang diinginkan.