Inspirasi Baru yang Saya Dapatkan dari Upaya Tindak Lanjut PMM

Platform Merdeka Mengajar (PMM) menghadirkan berbagai pelatihan dan modul untuk mendukung pengembangan profesionalisme guru. Salah satu komponen penting dalam PMM adalah upaya tindak lanjut, di mana guru diminta untuk menerapkan apa yang telah mereka pelajari dan merefleksikan hasilnya.

Bagi saya, upaya tindak lanjut PMM telah membuka pintu inspirasi baru dalam dunia pendidikan.

Berikut adalah beberapa inspirasi baru yang saya dapatkan dari upaya tindak lanjut PMM

1. Pentingnya Pembelajaran yang Berpusat pada Peserta Didik

Melalui observasi kelas dan diskusi dengan rekan guru, saya menyadari bahwa pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student-centered learning) merupakan kunci untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar. Hal ini mendorong saya untuk merancang pembelajaran yang lebih aktif, interaktif, dan sesuai dengan kebutuhan serta minat individual siswa.

2. Pemanfaatan Teknologi untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran

PMM membuka wawasan saya tentang berbagai platform dan aplikasi digital yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung proses belajar mengajar. Saya mulai menerapkan penggunaan video edukasi, animasi, dan game edukasi dalam kelas, yang terbukti meningkatkan antusiasme dan partisipasi siswa.

3. Kolaborasi dan Komunikasi yang Efektif

Upaya tindak lanjut PMM mendorong saya untuk meningkatkan kolaborasi dengan rekan guru, kepala sekolah, dan orang tua siswa. Melalui komunikasi yang terbuka dan konstruktif, kami dapat saling berbagi ide, pengalaman, dan solusi untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif.

4. Refleksi Diri dan Pengembangan Berkelanjutan

Melalui refleksi diri atas praktik pembelajaran yang telah dilakukan, saya dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan diri sebagai guru. Hal ini mendorong saya untuk terus belajar dan mengembangkan diri agar dapat memberikan pembelajaran yang terbaik bagi siswa.

5. Semangat untuk Berinovasi

PMM telah menumbuhkan semangat inovatif dalam diri saya untuk terus mencari cara-cara baru dan kreatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Saya terinspirasi untuk mencoba berbagai strategi dan metode pembelajaran baru yang sesuai dengan konteks dan kebutuhan siswa.

Jadi, apa inspirasi baru yang anda dapatkan dari upaya tindak lanjut PMM? Inspirasi baru yang saya dapatkan dari upaya tindak lanjut PMM bukan hanya tentang memenuhi kewajiban, tetapi juga merupakan kesempatan emas bagi guru untuk terus belajar, berkembang, dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Inspirasi baru yang saya dapatkan mendorong saya untuk menjadi guru yang lebih kreatif, inovatif, dan berpusat pada peserta didik.