CPNS 2024 Kabupaten Toba

Kabupaten Toba, dahulu dikenal sebagai Toba Samosir, terletak di provinsi Sumatera Utara dan terkenal dengan Danau Toba, danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara. Kabupaten ini dibentuk pada tahun 1999 dan memiliki ibukota di Balige.

Sejarah Kabupaten Toba diawali dengan pemekaran dari Kabupaten Tapanuli Utara. Pada tahun 2020, nama Toba Samosir diubah menjadi Toba untuk mencerminkan identitas budaya dan geografis yang lebih akurat.

Kabupaten Toba memiliki luas wilayah 2.021,8 km² dan dihuni oleh 212.133 jiwa (2022). Mayoritas penduduknya memeluk agama Kristen dan suku Batak Toba merupakan suku asli yang mendiami wilayah ini.

Kabupaten Toba terkenal dengan keindahan alamnya, khususnya Danau Toba yang dikelilingi oleh perbukitan hijau dan pulau Samosir di tengahnya. Danau Toba merupakan objek wisata utama di kabupaten ini dan menawarkan berbagai kegiatan seperti wisata bahari, budaya, dan alam.

Selain keindahan alamnya, Kabupaten Toba juga memiliki budaya Batak yang kaya dan beragam. Tradisi, adat istiadat, dan seni budaya Batak Toba masih dilestarikan hingga saat ini dan menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Perekonomian Kabupaten Toba didominasi oleh sektor pertanian, peternakan, perikanan, dan pariwisata. Kopi, padi, jagung, dan ikan merupakan komoditas utama yang dihasilkan di wilayah ini.

CPNS 2024 Kabupaten Toba

CPNS 2024 Kabupaten Toba adalah seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Toba di tahun 2024. Penerimaan CPNS ini bertujuan untuk mengisi formasi jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Toba.

Untuk mengetahui apakah kabupaten Toba membuka seleksi penerimaan CPNS tahun 2024, silahkan cek dan pantau website resmi kabupaten Toba https://tobakab.go.id/