CPNS 2024 Kabupaten Samosir

Terletak di tengah Danau Toba yang mempesona, Kabupaten Samosir menawarkan perpaduan sempurna antara keindahan alam, kekayaan budaya, dan keramahan penduduknya. Dibentuk pada tahun 2003, Samosir menjadi tujuan wisata utama di Sumatera Utara, memikat wisatawan dengan pesonanya yang unik.

Samosir memiliki sejarah panjang dan menarik, terhubung dengan Kabupaten Toba Samosir dan Tapanuli Utara. Upaya pembentukan kabupaten mandiri dimulai sejak tahun 1968, dan akhirnya terwujud pada tahun 2003.

Samosir terdiri dari 9 kecamatan, 6 di antaranya terletak di pulau Samosir dan 3 di daratan Sumatera. Setiap kecamatan memiliki ciri khas dan daya tariknya masing-masing.

Mayoritas penduduk Samosir adalah suku Batak Toba, dengan beberapa suku lainnya seperti Batak Simalungun, Karo, Angkola, dan Pakpak. Bahasa Batak Toba menjadi bahasa utama di wilayah ini, selain bahasa Indonesia.

Kristen Protestan dan Katolik menjadi agama mayoritas di Samosir, dengan sebagian kecil penduduk menganut Islam dan kepercayaan Parmalim.

Danau Toba dan Pulau Samosir menjadi magnet utama bagi wisatawan. Pengunjung dapat menikmati wisata budaya, seperti mengunjungi Kampung Ulos Huta Raja dan Huta Siallagan, menonton Tari Tortor dan Sigale-gale, serta mencicipi kuliner khas Batak Toba. Pantai Pasir Putih di Pangururan menawarkan keindahan pantai yang memukau.

Samosir melahirkan banyak tokoh-tokoh penting, seperti Arsenius Elias Manihuruk, Hadrianus Sinaga, Raja Ompu Babiat Situmorang, Sitor Situmorang, Ompu Tuan Binur Sitanggang, Willem Tumpal Pandapotan Simarmata, Wilmar Eliaser Simanjorang, Mangindar Simbolon, Rapidin Simbolon, Parakitri Tahi Simbolon, Jhoni Allen Marbun, dan Mangapul Sagala.

CPNS 2024 Kabupaten Samosir

CPNS 2024 Kabupaten Samosir adalah seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara, untuk tahun 2024.

Tujuan CPNS 2024 Kabupaten Samosir adalah untuk mengisi formasi jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang masih kosong di berbagai instansi di lingkungan Pemkab Samosir.

Penerimaan CPNS 2024 Kabupaten Samosir akan dilakukan melalui Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Informasi resmi terkait CPNS 2024 Kabupaten Samosir, termasuk pengumuman lowongan, persyaratan, tahapan seleksi, dan jadwal, akan dipublikasikan melalui website resmi BKN dan website resmi Pemkab Samosir.

Untuk mengetahui apakah kabupaten Samosir membuka seleksi penerimaan CPNS tahun 2024, silahkan cek dan pantau website resmi kabupaten Samosir https://samosirkab.go.id/