CPNS 2024 Provinsi Sumatera Utara

Sumatera Utara, provinsi yang terletak di bagian utara Pulau Sumatera, merupakan salah satu daerah dengan kekayaan alam dan budaya yang luar biasa. Di sini, Anda akan menemukan Danau Toba yang memukau, rumah adat Batak yang unik, dan berbagai kuliner khas yang lezat.

Sumatera Utara memiliki sejarah panjang dan penuh dengan keragaman. Pada masa lampau, wilayah ini terbagi menjadi beberapa kerajaan dan kesultanan, seperti Aceh, Tapanuli, dan Deli Serdang. Provinsi ini resmi berdiri pada tahun 1948 setelah kemerdekaan Indonesia.

Sumatera Utara dihuni oleh berbagai suku bangsa, seperti Batak, Melayu, Nias, dan Tionghoa. Keragaman budaya ini tercermin dalam bahasa, adat istiadat, dan kuliner yang ada di Sumatera Utara.

Sumatera Utara memiliki ekonomi yang kuat dengan sektor utama perkebunan, pertanian, dan perikanan. Provinsi ini juga merupakan salah satu penghasil karet terbesar di dunia.

Sumatera Utara merupakan salah satu destinasi wisata utama di Indonesia. Danau Toba, Danau Toba, yang merupakan danau vulkanik terbesar di dunia, menjadi daya tarik utama wisatawan. Selain itu, masih banyak tempat wisata menarik lainnya, seperti Taman Nasional Gunung Leuser, Pulau Nias, dan Istana Maimoon.

Sumatera Utara memiliki budaya yang kaya dan beragam. Tari Tor-Tor, rumah adat Batak, dan kain Ulos adalah beberapa contoh budaya khas Sumatera Utara yang terkenal hingga ke mancanegara.

Sumatera Utara terkenal dengan kulinernya yang lezat dan pedas. Beberapa makanan khas yang wajib dicoba antara lain Saksang (daging babi asap), Ikan Mas Arsik, Mie Gomak, dan Bika Ambon.

CPNS 2024 Provinsi Sumatera Utara

CPNS 2024 Provinsi Sumatera Utara adalah seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diadakan oleh pemerintah daerah (Pemda) Sumatera Utara pada tahun 2024. Penerimaan CPNS ini bertujuan untuk mengisi formasi jabatan yang kosong di berbagai instansi pemerintahan di Sumatera Utara.

Untuk mengetahui apakah provinsi Sumatera Utara membuka seleksi penerimaan CPNS tahun 2024, silahkan cek dan pantau website resmi provinsi Sumatera Utara https://www.sumutprov.go.id/