CPNS 2024 Provinsi Aceh

Aceh, yang terletak di ujung barat gugusan Nusantara, telah lama menjadi gerbang maritim strategis menghubungkan Timur dan Barat. Sejak abad ke-7, para pedagang India membawa Hindu dan Buddha, namun Islam berkembang pesat sejak abad ke-9 dengan kedatangan pedagang Gujarat. Aceh menjadi kerajaan Islam pertama di Indonesia, dengan Kesultanan Aceh mencapai puncak kejayaannya di bawah Sultan Iskandar Muda pada abad ke-17. Julukan "Serambi Mekkah" pun disematkan karena pengaruh Islam yang kuat.

Kekuasaan Aceh mulai melemah setelah wafatnya Sultan Iskandar Muda. Kesempatan ini dimanfaatkan bangsa Barat, diawali dengan Traktat London dan Sumatera antara Inggris dan Belanda. Pada tahun 1873, Belanda melancarkan Perang Aceh yang berlangsung selama 30 tahun, memaksa Aceh tunduk di bawah Hindia Belanda.

Perlawanan rakyat Aceh tak berhenti. Pada masa kemerdekaan, Aceh menjadi bagian dari Republik Indonesia dan mendapat julukan "Daerah Modal" dari Ir. Soekarno. Agresi Belanda kembali ditentang, dan pada tahun 1949 Aceh ditingkatkan statusnya menjadi Provinsi Aceh.

Gejolak politik mewarnai perjalanan Aceh. Berbagai perubahan status terjadi, dari Daerah Istimewa Aceh (1959) menjadi Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (2002), dan kembali ke Aceh (2009). Otonomi Khusus diberikan untuk mengakomodasi aspirasi rakyat Aceh.

CPNS 2024 Provinsi Aceh

CPNS 2024 Provinsi Aceh adalah seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk bekerja di lingkungan pemerintahan daerah Provinsi Aceh.

Untuk mengetahui apakah provinsi Aceh membuka seleksi penerimaan CPNS tahun 2024, silahkan cek dan pantau website resmi provinsi Aceh https://www.acehprov.go.id/