CPNS 2024 Kabupaten Pidie

Pidie, sebuah kabupaten di Aceh dengan kekayaan sejarah dan budaya yang memukau, menyimpan jejak masa lampau yang tak ternilai. Jauh sebelum dikenal sebagai Pidie, wilayah ini telah menjadi saksi bisu kebangkitan dan kejatuhan kerajaan-kerajaan besar di Aceh.

Sebelum Islam masuk ke Aceh, Pidie telah berdiri kokoh sebagai Kerajaan Sama Indra, sebuah kerajaan Hindu yang makmur dan berkembang pesat. Didirikan oleh Sjahir Pauling dari Suku Mon Khmer, kerajaan ini diperkirakan berdiri beberapa abad sebelum Masehi. Bukti-bukti sejarah seperti prasasti dan peninggalan arkeologi menjadi petunjuk keberadaan kerajaan ini.

Pada pertengahan abad ke-14, Kerajaan Sama Indra mengalami peralihan besar. Diterjang serangan dari Kerajaan Aceh Darussalam di bawah pimpinan Sultan Mansyur Syah, penduduk kerajaan memeluk agama Islam. Kerajaan Sama Indra kemudian berganti nama menjadi Kerajaan Pedir, menjadi salah satu kerajaan Islam terkuat di Aceh.

Kerajaan Pedir mencapai puncak kejayaannya di bawah kepemimpinan Sultan Alauddin Mahmud Syah Johan (1438-1462). Kerajaan ini menjadi pusat perdagangan dan penyebaran Islam di Aceh, menjalin hubungan diplomatik dengan berbagai negara, dan bahkan berhasil mengalahkan Portugis dalam beberapa pertempuran.

Meskipun menjadi bagian dari Kerajaan Aceh Darussalam, Pidie tetap memiliki peran penting dalam struktur pemerintahan. Raja Pidie, yang dikenal dengan sebutan Maharaja Pidie, memiliki pengaruh besar dalam pengambilan keputusan kerajaan. Bahkan, Sultan Aceh Darussalam membutuhkan persetujuan Maharaja Pidie sebelum mengeluarkan keputusan resmi.

Pidie juga menjadi lumbung pangan utama bagi Kerajaan Aceh Darussalam. Keberhasilan Pidie dalam bidang pertanian menjadi faktor penting dalam menunjang kekuatan kerajaan.

Kini, Pidie telah berkembang menjadi kabupaten yang maju dengan penduduk yang mencapai lebih dari 444.000 jiwa. Meskipun telah mengalami berbagai perubahan dan pergolakan, Pidie tetap menjaga kekayaan budayanya. Berbagai tradisi, adat istiadat, dan seni budaya masih dilestarikan hingga saat ini.

CPNS 2024 Kabupaten Pidie

CPNS 2024 Kabupaten Pidie adalah seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diadakan oleh pemerintah daerah Kabupaten Pidie untuk tahun 2024.

Untuk mengetahui apakah kabupaten Pidie membuka seleksi penerimaan CPNS tahun 2024, silahkan cek dan pantau website resmi kabupaten Pidie https://pidiekab.go.id/ dan https://bkpsdm.pidiekab.go.id/.