CPNS 2024 Kota Tanjungbalai

Kota Tanjungbalai, yang juga dikenal sebagai Tanjung Balai Asahan, memiliki sejarah panjang yang terjalin erat dengan Kesultanan Asahan. Didirikan pada tahun 1620, kota ini awalnya merupakan sebuah kampung kecil bernama Kampung Tanjung yang terletak di muara Sungai Silau dan Sungai Asahan. Nama "Tanjungbalai" sendiri berasal dari bahasa Melayu, yang berarti "balai di tanjung".

Perkembangan Kota Tanjungbalai semakin pesat di era kolonial Belanda. Keberadaannya sebagai kota pelabuhan yang strategis di tepi Sungai Asahan, sungai terpanjang di Sumatera Utara, menjadikannya sebagai jalur penting perdagangan dan perkebunan. Hal ini menarik banyak pendatang dari berbagai suku bangsa, seperti Batak, Melayu, Jawa, dan Tionghoa, untuk menetap di Tanjungbalai.

Pada tahun 1917, Tanjungbalai resmi menjadi Gementee (kota kecil) berdasarkan Besluit G.G. Seiring dengan perluasan wilayah dan pesatnya perkembangan, Tanjungbalai mengalami beberapa perubahan status, dari Kota Kecil Tanjungbalai menjadi Kotapraja Tanjungbalai, hingga akhirnya menjadi Kotamadya Tanjungbalai pada tahun 1984.

Sebagai kota yang strategis dan berkembang, Tanjungbalai pernah meraih penghargaan bergengsi Anugerah Adipura sebagai kota terbersih di Indonesia pada tahun 2008, 2009, 2012, dan 2013.

Tanjungbalai terkenal dengan julukan "Kota Kerang", karena dulunya kota ini menghasilkan kerang dalam jumlah besar. Selain itu, kota ini juga memiliki jembatan terpanjang di Sumatera Utara yang melintasi Sungai Asahan.

Berbagai suku bangsa yang mendiami Tanjungbalai menciptakan kekayaan budaya dan kuliner yang khas. Beberapa makanan khas yang terkenal antara lain kerang daguk, ikan asin mayung, gulai masam, dan sayur daun ubi tumbuk.

Bagi para pecinta wisata alam, Tanjungbalai menawarkan Water Front Tanjungbalai yang terletak di ujung kota dan Pulau Beswesen yang indah.

CPNS 2024 Kota Tanjungbalai

CPNS 2024 Kota Tanjungbalai adalah seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diadakan oleh Pemerintah Kota Tanjungbalai di tahun 2024. Penerimaan CPNS bertujuan untuk mengisi formasi jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungbalai.

Untuk mengetahui apakah kota Tanjungbalai membuka seleksi penerimaan CPNS tahun 2024, silahkan cek dan pantau website resmi kota Tanjungbalai https://tanjungbalaikota.go.id/