CPNS 2024 Kota Sibolga

Kisah Kota Sibolga bermula dari sebuah bandar kecil di Teluk Tapian Nauli, tepatnya di Pulau Poncan Ketek. Didirikan sekitar abad ke-18 oleh perantau Minangkabau, bandar ini dipimpin oleh Datuk Itam dengan gelar Datuk Bandar. Pada tahun 1837, Poncan Ketek dan sekitarnya diambil alih oleh Belanda dan dimasukkan ke dalam Keresidenan Air Bangis.

Melihat keterbatasan ruang di Poncan Ketek, Belanda membangun bandar baru di lokasi Sibolga sekarang pada tahun 1841. Masyarakat Poncan Ketek pun pindah ke Sibolga dan mendirikan pasar baru. Seiring waktu, bandar Poncan Ketek pun ditinggalkan dan hanya menyisakan makam Datuk Itam.

Selain perantau Minangkabau, masyarakat Batak dari Silindung pimpinan Ompu Hurinjom juga telah menetap di Sibolga sejak abad ke-18. Percampuran budaya Batak dan Minangkabau di Sibolga melahirkan adat unik yang dikenal dengan adat sumando.

Tata cara pemerintahan yang teratur di Poncan Ketek diteruskan di Sibolga. Keturunan Datuk Itam diangkat sebagai Datuk Pasa (Datuk Pasar) yang membawahi Sibolga dan pulau-pulau di sekitarnya. Sedangkan raja Sibolga, yang kemudian disebut kepala kuria, dijabat oleh keturunan Ompu Hurinjom.

Pada masa Hindia Belanda, Sibolga berkembang pesat dan menjadi ibukota Keresidenan Tapanuli. Setelah kemerdekaan hingga tahun 1998, Sibolga berstatus sebagai kotamadya.

Kota Sibolga dihuni oleh berbagai suku bangsa, seperti Batak, Minang, Nias, Tionghoa, Jawa, dan lainnya. Semboyan "Negeri Berbilang Kaum" mencerminkan semangat persatuan dan toleransi di kota ini.

Perekonomian Sibolga bertumpu pada sektor perikanan, pariwisata, jasa, perdagangan, dan industri maritim. Hasil perikanan utama Sibolga antara lain kerapu, tuna, kakap, kembung, bambangan, layang, sardines, lencam, dan teri.

Sibolga juga memiliki potensi wisata yang menjanjikan, seperti Pulau Mursala yang menjadi lokasi syuting film King Kong tahun 2005.

Sibolga terhubung dengan kota-kota lain di Sumatera Utara melalui jalur darat, udara, dan laut. Bandar Udara Dr. Ferdinand Lumban Tobing melayani rute dari/ke Medan dan Jakarta. Pelabuhan laut Sibolga melayani penyeberangan menuju Pulau Nias dan kota-kota pesisir barat Sumatera lainnya.

CPNS 2024 Kota Sibolga

CPNS 2024 Kota Sibolga adalah seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah Kota Sibolga pada tahun 2024. Penerimaan CPNS ini bertujuan untuk mengisi formasi jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Sibolga.

Untuk mengetahui apakah kota Sibolga membuka seleksi penerimaan CPNS tahun 2024, silahkan cek dan pantau website resmi kota Sibolga https://www.sibolgakota.go.id/