CPNS 2024 Kota Padangsidempuan

Padangsidimpuan, kota yang dijuluki Kota Salak ini, menyimpan pesona sejarah dan budaya yang kaya. Terletak di wilayah Tapanuli, Sumatera Utara, Padangsidimpuan bagaikan hamparan luas yang dikelilingi bukit-bukit menawan, menjadikannya tempat persinggahan favorit bagi para pedagang di masa lampau.

Nama Padangsidimpuan berasal dari Bahasa Batak Angkola, yang berarti "hamparan luas di tempat tinggi". Sejarah kota ini erat kaitannya dengan Perang Padri, di mana salah satu pemimpinnya, Tuanku Imam Lelo, mendirikan benteng yang menjadi cikal bakal berdirinya kota ini.

Pada masa kolonial Hindia Belanda, Padangsidimpuan pernah menjadi ibukota Keresidenan Tapanuli dan mengalami perkembangan pesat di sektor perkebunan karet, kopi, dan perdagangan. Bukti peninggalan masa lampau masih dapat ditemukan di berbagai sudut kota, seperti benteng peninggalan Perang Padri dan bangunan-bangunan bergaya kolonial Belanda.

Kota Padangsidimpuan dikelilingi oleh perbukitan dan gunung, menjadikannya kawasan perkebunan salak yang subur. Gunung Lubukraya dan Bukit Simarsayang menjadi primadona wisata alam kota ini. Tak hanya itu, sungai-sungai jernih seperti Batang Ayumi dan Aek Sibontar menambah keindahan panorama alam Padangsidimpuan.

Masyarakat Padangsidimpuan mayoritas beragama Islam, namun juga terdapat komunitas Kristen, Katolik, dan Buddha. Keberagaman budaya dan tradisi terpancar dari berbagai acara adat dan keagamaan yang digelar sepanjang tahun.

Di jantung kota, terdapat Alun-alun Bolak, Plaza Anugerah, dan Masjid Raya al-Abror yang megah. Penggemar sepak bola dapat mengunjungi Stadion M. Nurdin Nasution, markas klub PSKPS Padangsidimpuan.

Bagi pecinta wisata kuliner, jangan lupa mencicipi salak khas Padangsidimpuan yang terkenal kelezatannya. Pasar Inpres, Pasar Sangkumpal Bonang, dan Pasar Batu menawarkan beragam pilihan kuliner dan produk lokal.

CPNS 2024 Kota Padangsidempuan

CPNS 2024 Kota Padangsidimpuan adalah seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diadakan oleh pemerintah daerah Kota Padangsidimpuan pada tahun 2024. Penerimaan CPNS ini bertujuan untuk mengisi formasi jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Padangsidimpuan.

Untuk mengetahui apakah kota Padangsidempuan membuka seleksi penerimaan CPNS tahun 2024, silahkan cek dan pantau website resmi kota Padangsidempuan https://padangsidimpuankota.go.id/