CPNS 2024 Kota Medan

Medan, ibukota Sumatera Utara, merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Kota ini menjadi gerbang maritim dan pusat perdagangan di wilayah barat Indonesia, dengan Pelabuhan Belawan dan Bandara Internasional Kualanamu yang strategis. Medan juga dikenal sebagai kota multietnis dan multikultural, dengan penduduk yang berasal dari berbagai suku bangsa dan agama.

Sejarah Medan berawal dari sebuah kampung kecil di pertemuan Sungai Deli dan Sungai Babura. Pada tahun 1590, Kesultanan Deli didirikan di Medan, menjadikan kota ini sebagai pusat pemerintahan. Kedatangan bangsa Eropa pada abad ke-19 membawa perubahan besar bagi Medan, terutama dengan perkembangan sektor perkebunan. Di bawah kolonialisme Belanda, Medan menjadi kota penting di luar Pulau Jawa.

Saat ini, Medan memiliki penduduk lebih dari 2,4 juta jiwa, dengan mayoritas suku Batak, Jawa, Tionghoa, dan Minangkabau. Kota ini juga memiliki keragaman agama yang tinggi, dengan Islam, Kristen Protestan, Buddha, Katolik, dan Hindu sebagai agama utama.

Medan merupakan pusat perdagangan dan industri di Sumatera Utara. Sektor utama ekonomi kota ini meliputi perdagangan, jasa, manufaktur, dan pariwisata. Medan juga terkenal dengan kulinernya yang kaya dan beragam, dengan berbagai hidangan khas dari berbagai etnis yang ada di kota ini.

Medan memiliki banyak tempat wisata menarik, seperti Istana Maimun, Masjid Raya Medan, Menara Air Tirtanadi, dan Vihara Gunung Timur. Kota ini juga merupakan pintu gerbang ke berbagai destinasi wisata alam di Sumatera Utara, seperti Danau Toba, Berastagi, dan pulau-pulau di Kepulauan Nias.

CPNS 2024 Kota Medan

CPNS 2024 Kota Medan adalah seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diadakan oleh Pemerintah Kota Medan pada tahun 2024. Penerimaan CPNS ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Medan.

Untuk mengetahui apakah kota Medan membuka seleksi penerimaan CPNS tahun 2024, silahkan cek dan pantau website resmi kota Medan https://pemkomedan.go.id/ dan https://bkpsdm.pemkomedan.go.id/