CPNS 2024 Kabupaten Karo

Kabupaten Karo, bagaikan permata tersembunyi di dataran tinggi Sumatera Utara. Dijuluki "Tanah Karo Simalem", wilayah ini menawarkan pesona alam yang memukau, budaya Batak Karo yang kaya, dan suasana yang sejuk nan menenangkan.

Dahulu, Kabupaten Karo merupakan bagian dari Kerajaan Aru dan terbagi menjadi 5 kebayakan (kerajaan). Terletak di ketinggian 600-1.400 meter di atas permukaan laut, Karo memiliki iklim sejuk dengan suhu rata-rata 16-17°C.

Sebagai hulu sungai bagi sejumlah sungai primer di Sumatera Utara, Karo memiliki lebih dari 50 sungai, termasuk Sungai Lau Biang, Lau Bengap, Lau Borus, dan Lau Gunung yang mengalir ke Selat Malaka, dan Sungai Sipisopiso yang bermuara di Danau Toba. Air Terjun Sikulikap setinggi 30 meter menjadi salah satu daya tarik utama bagi wisatawan.

Dua gunung berapi aktif, Gunung Sinabung (2412 meter) dan Gunung Sibayak (2172 meter), menjulang tinggi di antara pegunungan Bukit Barisan. Di sisi lain, Danau Toba yang terkenal dan Danau Lau Kawar yang dikelilingi hutan tropis menambah keindahan alam Karo.

Kabupaten Karo terbagi menjadi 17 kecamatan, 248 desa, dan 10 kelurahan. Mayoritas penduduknya adalah Suku Batak Karo, dengan minoritas Batak Pakpak, Batak Toba, Batak Simalungun, dan Batak Angkola. Agama Kristen Protestan dan Katolik menjadi agama mayoritas, sedangkan Islam, Buddha, dan Hindu dianut oleh sebagian kecil penduduk.

Karo terkenal dengan budayanya yang kaya, termasuk pakaian adat yang indah, musik tradisional yang merdu, dan tari-tarian yang penuh semangat. Upacara adat dan ritual tradisional masih dilestarikan, mencerminkan kekayaan budaya Batak Karo yang tak lekang oleh waktu.

CPNS 2024 Kabupaten Karo

CPNS 2024 Kabupaten Karo adalah seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Karo untuk mengisi formasi jabatan di berbagai instansi pemerintahan di wilayah tersebut.

Untuk mengetahui apakah kabupaten Karo membuka seleksi penerimaan CPNS tahun 2024, silahkan cek dan pantau website resmi kabupaten Karo http://karokab.go.id.