CPNS 2024 Kabupaten Aceh Selatan

Aceh Selatan, permata tersembunyi di ujung barat Provinsi Aceh, menawarkan pesona alam yang memukau dan kekayaan budaya yang tak ternilai. Didirikan pada tahun 1956, kabupaten ini terdiri dari 18 kecamatan dan 260 desa, membentang dari Labuhan Haji di barat hingga Trumon Timur di timur.

Aceh Selatan diberkahi dengan garis pantai yang panjang, pegunungan yang menjulang tinggi, dan hamparan sawah hijau yang luas. Pantai Tapak Tuan, dengan pasir putihnya yang halus dan air laut biru jernih, menjadi primadona wisata bahari. Bagi pecinta alam, mendaki Gunung Sinabung atau menjelajahi Taman Nasional Gunung Leuser menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. Di kawasan pesisir, hutan bakau yang masih lestari menjadi rumah bagi berbagai flora dan fauna langka.

Aceh Selatan memiliki tiga suku asli: Aceh, Aneuk Jamee, dan Kluet. Suku Aneuk Jamee, keturunan Minangkabau, membawa budaya dan bahasa mereka yang unik, Bahasa Aneuk Jamee, perpaduan dialek Aceh dan Minangkabau. Berbagai tradisi dan adat istiadat masih dilestarikan dengan baik, seperti tari Saman, tari Seudut, dan tradisi Meugang.

Aceh Selatan memiliki potensi ekonomi yang beragam, mulai dari sektor pertanian, perikanan, hingga pariwisata. Hasil bumi seperti padi, kelapa sawit, dan kopi merupakan komoditas utama. Kekayaan laut yang melimpah menjadi sumber penghidupan bagi para nelayan. Industri pariwisata terus berkembang, dengan semakin banyaknya wisatawan yang tertarik untuk menjelajahi keindahan alam dan budaya Aceh Selatan.

Pemerintah daerah terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengembangkan potensi daerah. Infrastruktur terus dibenahi, akses menuju tempat wisata dipermudah, dan berbagai pelatihan diberikan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat. Dengan kekayaan alam dan budaya yang dimilikinya, Aceh Selatan memiliki prospek yang cerah untuk menjadi tujuan wisata unggulan di Indonesia.

Fakta Menarik:
  • Kabupaten Aceh Selatan memiliki luas wilayah 3.841,60 km² dan dihuni oleh 230.254 jiwa (data 2017).
  • Kode pos untuk Kabupaten Aceh Selatan adalah 23711-23774.
  • Kecamatan Samadua memiliki desa terbanyak (28 desa), sedangkan Kecamatan Bakongan memiliki desa paling sedikit (7 desa).

CPNS 2024 Kabupaten Aceh Selatan

CPNS 2024 Kabupaten Aceh Selatan adalah seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan untuk mengisi formasi jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah daerahnya.

Untuk mengetahui apakah kabupaten Aceh Selatan membuka seleksi penerimaan CPNS tahun 2024, silahkan cek dan pantau website resmi kabupaten Aceh Selatan https://acehselatankab.go.id/.