CPNS 2024 Kabupaten Dharmasraya

Terletak di Sumatera Barat, Kabupaten Dharmasraya menyimpan pesona yang tak terlupakan. Dulunya menjadi pusat Kerajaan Malayapura yang gemilang, Dharmasraya kini menjelma menjadi kabupaten yang memadukan sejarah, keindahan alam, dan potensi ekonomi yang menjanjikan.

Nama Dharmasraya diambil dari prasasti kuno yang mengukir kejayaan Kerajaan Malayapura. Kerajaan ini muncul setelah kejatuhan Sriwijaya, mewarisi wilayah kekuasaan yang luas dari Semenanjung Malaya hingga Sumatra. Bukti sejarahnya terukir dalam Prasasti Grahi di Thailand dan catatan Tiongkok kuno.

Dharmasraya juga tercatat dalam sejarah Majapahit sebagai daerah vasal. Sejarawan Belanda mempelajari sejarah ini, namun nama Dharmasraya sempat terlupakan. Baru di era pemekaran Kabupaten Sawahlunto-Sijunjung, nama Dharmasraya kembali muncul dan diabadikan sebagai nama kabupaten baru.

Pemerintah Kabupaten Dharmasraya terus melestarikan sejarahnya. Festival Pamalayu di Museum Nasional dan upaya pemulangan arca Amoghapasa dan Bhairawa dari Museum Nasional menjadi bukti komitmen tersebut.

Dharmasraya diberkahi dengan kekayaan alam yang luar biasa. Air terjun Timbulun, Air Terjun Sungai Batang, dan Danau Cinta adalah beberapa contoh pesona alam yang menanti untuk dijelajahi. Penggemar wisata gunung pun dapat mendaki Puncak Gunung Medan untuk menikmati panorama menakjubkan.

Dharmasraya berkembang sebagai penghasil kelapa sawit, karet, kopi, dan berbagai tanaman keras lainnya. Potensi tambang seperti batu bara, batu kapur, dan emas juga menanti untuk digarap. Ditambah dengan posisi strategisnya di Jalur Lintas Tengah Sumatra, Dharmasraya siap menjadi kawasan maju dan berkembang sebagai wilayah perdagangan dan jasa.

Kabupaten Dharmasraya menawarkan beragam pilihan wisata, mulai dari situs budaya seperti Prasasti Padang Roco dan Rumah Gadang, hingga wisata alam seperti Air Terjun Timpeh dan Bukit Tambun Sungai Kambut. Bagi pecinta wisata air, Kolam Renang Aquatik Lawai Fantasi dan Zaki Waterpark Seberang Piruko adalah pilihan yang tepat.

CPNS 2024 Kabupaten Dharmasraya

CPNS 2024 Kabupaten Dharmasraya adalah seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Dharmasraya pada tahun 2024.

Tujuan CPNS 2024 Kabupaten Dharmasraya adalah untuk memenuhi kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya yang profesional, efektif, dan efisien, serta mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsi pemerintahan dengan sebaik-baiknya.

Untuk mengetahui apakah kabupaten Dharmasraya membuka seleksi penerimaan CPNS tahun 2024, silahkan cek dan pantau website resmi kabupaten Dharmasraya https://dharmasrayakab.go.id/ dan https://bkpsdm.dharmasrayakab.go.id/