CPNS 2024 Kabupaten Bener Meriah

Bener Meriah, sebuah kabupaten di Provinsi Aceh, menyimpan pesona alam dan budaya yang memikat. Dahulu merupakan bagian dari Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah resmi menjadi kabupaten mandiri pada tahun 2003.

Terletak di dataran tinggi Gayo, Bener Meriah diberkahi dengan kekayaan alam yang melimpah. Hamparan perbukitan hijau dan hutan lebat menjadi rumah bagi berbagai flora dan fauna. Sungai-sungai jernih mengalirkan airnya yang menyegarkan, menyuburkan tanah, dan mendukung kehidupan masyarakat.

Bener Meriah juga menyimpan sejarah panjang. Di sini, terdapat Radio Rimba Raya, saksi bisu perjuangan kemerdekaan Indonesia dalam melawan Agresi Militer Belanda. Kini, Radio Rimba Raya diabadikan sebagai monumen di Pintu Rime Gayo, menjadi pengingat kegigihan para pahlawan.

Suku Gayo, penduduk asli Bener Meriah, memiliki budaya yang unik dan kaya. Bahasa Gayo, selain bahasa Indonesia, menjadi bahasa sehari-hari masyarakat. Keindahan budaya Gayo dapat dilihat dari tarian tradisional, musik khas, dan kerajinan tangan yang rumit.

Bagi pecinta wisata alam, Bener Meriah menawarkan berbagai destinasi menarik. Trekking di perbukitan, berkuda di padang rumput, atau menjelajahi gua menjadi pilihan yang seru. Air terjun yang menawan dan danau yang tenang juga siap memanjakan mata pengunjung.

Bagi yang ingin mendalami budaya Gayo, desa-desa tradisional di Bener Meriah menjadi tempat yang tepat. Di sini, wisatawan dapat berinteraksi dengan penduduk lokal, mempelajari tradisi dan adat istiadat, dan bahkan mencoba berbagai kuliner khas yang lezat.

Bener Meriah, dengan kekayaan alam dan budayanya yang memikat, siap menyambut para wisatawan untuk merasakan pengalaman yang tak terlupakan.

Fakta Menarik:
  • Nama Bener Meriah diyakini berasal dari "Beuner Meria", putra Raja Linge XIII.
  • Kabupaten ini memiliki 10 kecamatan dan 232 kampung.
  • Gunung Burni Telong, dengan ketinggian 2.863 meter, merupakan puncak tertinggi di Bener Meriah.
  • Kopi Gayo, dibudidayakan di dataran tinggi Bener Meriah, terkenal dengan aroma dan rasanya yang khas.

CPNS 2024 Kabupaten Bener Meriah

CPNS 2024 Kabupaten Bener Meriah adalah seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Bener Meriah untuk tahun 2024.
Untuk mengetahui apakah kabupaten Bener Meriah membuka seleksi penerimaan CPNS tahun 2024, silahkan cek dan pantau website resmi kabupaten Bener Meriah https://www.benermeriahkab.go.id/ dan https://bkpp.benermeriahkab.go.id/