CPNS 2024 Kabupaten Aceh Timur

Aceh Timur, sebuah kabupaten di ujung timur Provinsi Aceh, menyimpan kekayaan sejarah dan potensi ekonomi yang menjanjikan. Dahulu, wilayah ini merupakan bagian dari Kerajaan Islam Peureulak yang makmur, dengan rajanya yang saleh dan masyarakatnya yang taat beragama. Jejak kejayaan kerajaan ini masih dapat dilihat di beberapa situs bersejarah yang tersebar di wilayah Aceh Timur.

Kerajaan Islam Peureulak didirikan pada tahun 840 M oleh Sayed Maulana Abdul Aziz Syah, dan menjadi salah satu kerajaan terkuat di Aceh. Para pedagang dari berbagai penjuru dunia datang ke Peureulak untuk berdagang dan mencari kayu pohon Peureulak yang terkenal kokoh. Seiring perkembangan zaman, Islam pun mulai berkembang pesat di wilayah ini.

Seiring waktu, Aceh Timur mengalami berbagai perubahan, termasuk pemekaran wilayah dan pemindahan ibu kota. Dahulu, Kota Langsa menjadi ibu kota, namun setelah disahkan UU No. 3 Tahun 2001, ibu kota dipindahkan ke Idi Rayeuk.

Saat ini, Aceh Timur dikenal sebagai salah satu kabupaten kaya minyak di Aceh, bersama dengan Aceh Utara dan Aceh Tamiang. Selain itu, sektor pertanian dan jasa juga menjadi penopang ekonomi utama bagi masyarakat. Komoditas unggulannya termasuk kelapa sawit, kakao, karet, kelapa, jagung, dan ubi kayu.

Aceh Timur juga memiliki potensi wisata yang beragam, mulai dari wisata alam yang indah, wisata adat dan budaya yang unik, hingga wisata sejarah yang menarik. Beberapa tempat wisata yang terkenal di Aceh Timur antara lain Pantai Kuala Beutong, Gua Angin Seribu, Air Terjun Geurgedung, dan Makam Sultan Malikul Saleh.

Dengan kekayaan sejarah, budaya, dan potensi ekonominya yang besar, Aceh Timur terus berbenah diri untuk menuju masa depan yang lebih cerah. Pemerintah daerah terus mendorong pengembangan berbagai sektor, termasuk infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan. Masyarakat Aceh Timur pun optimis bahwa wilayah mereka akan terus maju dan menjadi salah satu kabupaten terdepan di Aceh.

Fakta Menarik:
  • Aceh Timur memiliki luas wilayah 6.040,60 Km² dan terbagi menjadi 24 kecamatan, 54 mukim, 513 desa, 1 kelurahan, dan 1.596 dusun.
  • Penduduk Aceh Timur pada tahun 2017 mencapai 422.261 jiwa dengan kepadatan penduduk 67 jiwa/km².
  • Komoditas unggulan Aceh Timur di sektor pertanian adalah kelapa sawit, kakao, karet, kelapa, jagung, dan ubi kayu.
  • Aceh Timur memiliki 1 Pelabuhan Industri, 6 kawasan industri, dan berbagai potensi wisata alam, adat dan budaya, serta sejarah.

CPNS 2024 Kabupaten Aceh Timur

CPNS 2024 Kabupaten Aceh Timur adalah seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Timur pada tahun 2024. Penerimaan CPNS ini bertujuan untuk mengisi kekosongan formasi jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN) di berbagai instansi pemerintahan di Kabupaten Aceh Timur.

Untuk mengetahui apakah kabupaten Aceh Timur membuka seleksi penerimaan CPNS tahun 2024, silahkan cek dan pantau website resmi kabupaten Aceh Timur https://www.acehtimurkab.go.id/ dan https://bkpsdm.acehtimurkab.go.id/.