CPNS 2024 Kabupaten Aceh Barat

Aceh Barat, bagaikan permata tersembunyi di ujung barat Provinsi Aceh, menyimpan kekayaan alam dan sejarah yang memikat. Dijuluki "Serambi Mekkah", wilayah ini menjadi saksi bisu perjuangan heroik Teuku Umar, pahlawan nasional yang namanya diabadikan dalam berbagai landmark di Meulaboh, ibukota kabupaten.

Sebelum pemekaran di tahun 2002, Aceh Barat membentang luas, mencapai 10.097,04 km². Kini, dengan luas 2.927,95 km² dan populasi 204.475 jiwa (data akhir 2023), Aceh Barat menyimpan jejak sejarah yang terukir sejak abad ke-16.

Di bawah kepemimpinan Sultan Saidil Mukamil dan Sultan Iskandar Muda, wilayah barat Kerajaan Aceh Darussalam mulai dibuka dan dibangun. Pemukiman ramai pertama muncul di Teluk Meulaboh dan Negeri Daya, dipimpin oleh Teuku Keujuruen Meulaboh dan Sultan Salatin Alaidin Riayat Syah.

Memasuki abad ke-17, Aceh Barat berkembang menjadi beberapa kerajaan kecil yang dipimpin oleh Uleebalang. Sebut saja Kluang, Lamno, Kuala Lambeusoe, dan banyak lagi. Semuanya menjadi saksi bisu pergolakan dan kejayaan masa lampau.

Di balik kisah sejarahnya, Aceh Barat memancarkan pesona alam yang luar biasa. Hamparan pantai sepanjang 250 km bagaikan kanvas raksasa yang dilukis dengan gradasi biru yang memukau. Pasir putihnya yang halus menggoda untuk melangkahkan kaki, sementara ombaknya yang menari-nari bagaikan alunan melodi alam.

Keindahan bawah lautnya pun tak kalah mempesona. Terumbu karang yang masih terjaga menjadi habitat bagi beragam biota laut yang berwarna-warni. Para penyelam dan pecinta snorkeling akan dimanjakan dengan panorama bawah laut yang tiada duanya.

Warisan budaya Aceh Barat pun tak kalah menarik. Berbagai tradisi dan adat istiadat masih dilestarikan, seperti Tari Saman, Tari Rapai, dan Tari Seudut. Keindahan kain songket dan batik Aceh pun menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Bagi pecinta kuliner, Aceh Barat menawarkan petualangan rasa yang tak terlupakan. Mie Aceh dengan aroma rempah yang khas, gulai ikan tongkol yang gurih, dan martabak Aceh yang mengenyangkan hanyalah sebagian kecil dari hidangan lezat yang menanti untuk dicoba.

Dengan perpaduan sejarah, alam, budaya, dan kuliner yang memukau, Aceh Barat menjadi destinasi wisata yang sempurna. Bagi para penjelajah sejarah, pecinta alam, dan pecinta kuliner, Aceh Barat menawarkan pengalaman yang tak terlupakan.

CPNS 2024 Kabupaten Aceh Barat

CPNS 2024 Kabupaten Aceh Barat adalah seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Barat untuk tahun anggaran 2024.

Untuk mengetahui apakah kabupaten Aceh Barat membuka seleksi CPNS tahun 2024 dapat di dicek di website resmi Badan Kepegawaian, Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Aceh Barat https://bkpsdm.acehbaratkab.go.id/ atau website resmi kabupaten Aceh Barat: http://acehbaratkab.go.id.