CPNS 2024 Kabupaten Aceh Barat Daya

Kabupaten Aceh Barat Daya, yang akrab disapa "ABDYA", resmi berdiri pada tahun 2002 setelah pemekaran dari Kabupaten Aceh Selatan. Berada di gugusan Bukit Barisan, ABDYA memiliki batas wilayah dengan Kabupaten Gayo Lues di utara dan timur, Kabupaten Aceh Selatan dan Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Nagan Raya di barat.

Terdiri dari 9 kecamatan dan 152 gampong, ABDYA memiliki luas wilayah 1.882,05 km² dan dihuni oleh 154.800 jiwa (data akhir 2023). Mayoritas penduduknya adalah Suku Aceh (80%), diikuti Suku Aneuk Jamee (12%), dan pendatang dari berbagai suku lainnya (8%).

Pertanian dan perdagangan menjadi sektor utama penggerak ekonomi ABDYA. Posisi strategis di jalur dagang kawasan barat selatan Aceh, khususnya Blangpidie sebagai pusat perdagangan, menjadi faktor pendukungnya. Selain itu, ABDYA memiliki potensi besar di sektor pariwisata, agroindustri, agrobisnis, peternakan terpadu, dan sektor lainnya.

ABDYA diberkahi dengan kekayaan alam yang melimpah, seperti:
  • Perkebunan: 32.417 Ha dengan areal Taman 11.850 Ha dan cadangan areal 20.567 Ha.
  • Pertanian: 21.296 Ha dengan areal taman 16.450 Ha dan cadangan areal 4.846 Ha.
  • Kehutanan: Hutan lindung 31.375 Ha, Taman Nasional Gunung Leuser 62.400 Ha, Hutan Produksi Terbatas 36.165 Ha.
  • Perikanan: Hasil tangkapan laut yang melimpah, seperti ikan selar, ikan kwee, ikan layang, ikan talang-talang, dan lain sebagainya.
  • Industri: Terdapat dua pabrik air mineral kemasan, yaitu ADANT dan IE ABDYA.
  • Pertambangan: Memiliki potensi sumber daya mineral yang kaya, seperti bijih besi, emas, batu bara, pasir zirkon, dan galena.

ABDYA menawarkan berbagai wisata alam yang indah, seperti Pulau Gosong Sangkalan, Taman Wisata Cemara Indah, Pantai Ujong Manggeng, dan Air Terjun Alue Kareng. Bagi pecinta sejarah dan budaya, terdapat Makam Tgk. Peukan, Makam Tgk. Dilubuk, dan Situs Kerajaan Kuala Batee.

Dengan kekayaan alam, sumber daya, dan potensi wisatanya yang luar biasa, ABDYA terus berbenah diri untuk menuju masa depan yang cerah. Upaya meningkatkan keamanan, infrastruktur, dan pengembangan sektor-sektor unggulan terus dilakukan untuk mewujudkan ABDYA yang sejahtera dan maju.

CPNS 2024 Aceh Barat Daya

CPNS Aceh Barat Daya (Calon Pegawai Negeri Sipil) adalah istilah untuk seseorang yang mengikuti seleksi untuk menjadi pegawai tetap di lingkungan pemerintahan Kabupaten Aceh Barat Daya.

Jika Anda tertarik menjadi CPNS Aceh Barat Daya, sebaiknya Anda mencari informasi resmi terkait pembukaan pendaftaran CPNS.  Beberapa sumber yang bisa Anda cek adalah:
  • Situs web resmi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Aceh Barat Daya: [https://www.acehbaratdayakab.go.id/]
  • Pengumuman yang mungkin dipasang di kantor-kantor pemerintahan daerah Aceh Barat Daya.

Anda perlu memantau terus situs web BKPSDM Aceh Barat Daya untuk mengetahui apakah akan ada pembukaan pendaftaran CPNS selanjutnya.