Tanggapan: Apa Tanggapanmu Terhadap Sikap Maria? Bila Maria Itu Teman Satu Kelasmu, Apa yang Akan Kalian Lakukan Terhadap Dia?

Kasus 2

Maria itu sesungguhnya anak yang pandai. Nilai rapornya sejak SD selalu bagus. Tetapi setiap kali bercermin ia merasa wajahnya tidak secantik teman- temannya, pun pula merasa warna kulitnya terlalu gelap dibandingkan teman- temannya. Itulah sebabnya, di sekolah ia jarang bergaul dengan teman- temannya yang lain.
Apa tanggapanmu terhadap sikap Maria?
Bila Maria itu teman satu kelasmu, apa yang akan kalian lakukan terhadap dia?

Jawaban:

Tanggapan atas Kasus Maria:

Kasus Maria menunjukkan bahwa dia merasa minder dengan fisiknya dan tidak percaya diri untuk bergaul dengan teman-temannya. Sikapnya ini bisa dimaklumi karena pada masa remaja, banyak anak yang mulai peduli dengan penampilan dan ingin diterima oleh teman-temannya.

Namun, sikap Maria ini tidak tepat karena dia tidak menghargai dirinya sendiri dan membandingkan dirinya dengan orang lain. Setiap manusia memiliki keunikan dan kelebihannya masing-masing, dan tidak ada yang sempurna. Maria seharusnya fokus pada kelebihannya dan tidak terpaku pada kekurangannya.

Sebagai teman sekelas, yang akan saya lakukan terhadap dia adalah:
  • Mengatakan padanya bahwa dia cantik dan berharga apa adanya. Membantu dia untuk melihat kelebihannya dan percaya diri.
  • Mengajak dia untuk bermain bersama dan menunjukkan bahwa dia diterima di dalam kelompok.
  • Memberikan dia nasihat tentang cara merawat diri dan meningkatkan kepercayaan diri.
  • Jika Maria masih merasa minder, saya akan mengajak dia untuk berbicara dengan orang tua atau guru yang dapat membantunya dengan lebih baik.