Tanggapan: Apa tanggapanmu terhadap sikap Ferdinand? Bila Ferdinand itu teman satu kelasmu, apa yang akan kalian lakukan terhadap dia?

Kasus 1.

Ferdinand sesungguhnya berasal dari keluarga miskin, kedua orang tuanya hanyalah petani kecil yang penghasilannya pas-pasan. Tetapi karena takut tidak dihargai teman-temannya, ia memaksa orang tuanya untuk memberinya pakaian yang bermerek, bahkan menuntut uang jajan yang banyak, dan sering memperlihata]kan isi dompetnya kepada teman-temannya.
Apa tanggapanmu terhadap sikap Ferdinand?
Bila Ferdinand itu teman satu kelasmu, apa yang akan kalian lakukan terhadap dia?

Jawaban:

Tanggapan terhadap kasus Ferdinand:

Kasus Ferdinand menunjukkan bahwa dia memiliki rasa rendah diri dan ingin diakui oleh teman-temannya. Sikapnya memaksa orang tua untuk membelikan pakaian bermerek, menuntut uang jajan banyak, dan pamer isi dompet menunjukkan bahwa dia mencari validasi dari luar dan ingin terlihat kaya di mata teman-temannya.

Sikap Ferdinand ini tidak dapat dibenarkan. Dia tidak seharusnya memaksa orang tuanya yang memiliki keterbatasan keuangan. Dia juga tidak perlu menunjukkan kekayaan untuk mendapatkan pengakuan dari teman-temannya.

Sebagai teman sekelas:
  1. Saya akan mengajak Ferdinand berbicara dan memberinya nasihat dengan cara yang baik dan tidak menghakimi. Saya akan menjelaskan bahwa nilai seseorang tidak terletak pada harta benda, tetapi pada karakter dan kepribadiannya.
  2. Saya akan menunjukkan bahwa saya menghargai Ferdinand sebagai teman tanpa mempedulikan latar belakangnya. Saya akan mendukungnya dalam hal positif dan membantunya membangun rasa percaya diri.
  3. Saya akan mengajak Ferdinand bergaul dengan teman-teman yang tidak mementingkan harta benda dan lebih menghargai persahabatan yang tulus.