Silahkan berdiskusi 1. Apa yang dimaksud dengan Sistem Deterministik? 2. Sebutkan syarat-syarat sebuah sistem? 3. Sebutkan dan jelaskan dimensi informasi

Silahkan berdiskusi
1. Apa yang dimaksud dengan Sistem Deterministik?
2. Sebutkan syarat-syarat sebuah sistem?
3. Sebutkan dan jelaskan dimensi informasi!

Sertakan sumber referensi yang masih dipakai sampai sekarang

Jawaban:

1. Sistem Deterministik

Sistem deterministik bagaikan mesin waktu yang memungkinkan kita memprediksi masa depan. Dalam sistem ini, setiap keadaan di masa depan terikat secara pasti dengan keadaan awal dan aturan yang mengaturnya. Ibarat bola yang menggelinding di lereng, lintasannya ditentukan oleh ketinggian awal dan gaya gravitasi, tanpa campur tangan unsur acak.

Sistem deterministik memiliki ciri khas prediktabilitas, keteraturan, dan ketepatan. Masa depan dapat diprediksi dengan tepat, asalkan kita mengetahui keadaan awal dan aturan yang berlaku. Sistem ini mengikuti aturan yang tetap dan konsisten, tanpa unsur acak yang mengganggu. Hasil yang diperoleh selalu sama untuk keadaan awal dan aturan yang sama.

Contoh sistem deterministik adalah jam, persamaan fisika, dan algoritma komputer. Jam berputar mengikuti pola yang tetap berdasarkan keadaan awal (waktu) dan aturan mekanisnya. Persamaan gerak Newton selalu menghasilkan lintasan bola yang sama untuk ketinggian dan gaya gravitasi yang sama. Program komputer yang sama akan selalu menghasilkan output yang sama untuk input yang sama.

2. Syarat-syarat sebuah sistem

Agar sistem dapat berfungsi dengan baik, beberapa syarat perlu dipenuhi: tujuan yang jelas, batasan yang jelas, input dan output yang terdefinisi, komponen yang berinteraksi, aturan yang mengatur, dan lingkungan yang mendukung.

3. Dimensi informasi

Dimensi informasi bagaikan peta yang membantu kita menjelajahi dunia. Tapi, peta itu sendiri memiliki dimensinya, yang menentukan tingkat detail dan kompleksitas informasi yang dapat direpresentasikan. Dimensi informasi terbagi menjadi 1D (informasi linier), 2D (informasi dua dimensi), 3D (informasi tiga dimensi), dan dimensi lebih tinggi (N-D).