Mengapa Allah Memberikan Kemampuan yang Berbeda Kepada Manusia?

Mengapa Allah memberikan kemampuan yang berbeda kepada manusia?

Jawaban:

Allah memberikan kemampuan yang berbeda kepada manusia agar setiap orang dapat berkontribusi dengan caranya masing-masing dan memaksimalkan potensi terbaiknya.

Penjelasannya:

Dalam Matius 25:14-30, kita diajarkan tentang "talenta" (berkat/potensi) yang diberikan kepada para hamba. Meskipun teks ini tidak secara gamblang menyebutkan bahwa Allah memberikan kemampuan berbeda-beda, kita bisa belajar hikmahnya.

Tuan dalam perumpamaan ini memberikan "talenta" dengan jumlah berbeda kepada para hambanya. Hal ini melambangkan bahwa tiap orang memiliki potensi dan kemampuan yang unik. Ada yang memiliki potensi besar, sedang, dan ada pula yang potensinya lebih kecil.

Namun, besarnya potensi tidak selalu menjamin kesuksesan. Justru, mereka yang berusaha mengembangkan potensinya (5 talenta dan 2 talenta) yang dipuji dan diberi tanggung jawab lebih besar.

Yang terpenting adalah bagaimana kita menggunakan potensi yang diberikan. Hamba yang diberi 1 talenta justru takut dan tidak mengembangkan potensinya. Sikap ini membuatnya dicela sang tuan.

Lalu, mengapa "talenta" (potensi) diberikan berbeda?

Kemungkinan, tiap orang memiliki perjalanan dan perannya masing-masing. Tuhan mengetahui potensi terbaik yang bisa kita kembangkan. Dan yang terpenting, Dia ingin kita berusaha dan tidak menyia-nyiakan potensi yang diberikan.