Kalau Demikian Dalam Hal Apa Laki-Laki dan Perempuan Segambar dan Serupa dengan Allah?

Allah itu Roh, yang tidak berwujud dan tidak berjenis kelamin, maka arti segambar dan serupanya manusia dengan Allah bukan masalah fisik jasmani. Kalau demikian dalam hal apa laki-laki dan perempuan segambar dan serupa dengan Allah?

Jawaban:

Baik laki-laki maupun perempuan segambar dan serupa dengan Allah dalam hal sifat-sifat moral dan rohani, seperti kasih sayang, kebijaksanaan, dan tanggung jawab, yang memungkinkan manusia untuk mengenal dan dekat dengan Allah serta menjalankan tugasnya sebagai khalifah di bumi.

Penjelasannya:

Kitab Kejadian 1:26-28 menegaskan bahwa manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah. Perlu diingat bahwa Allah adalah Roh yang tidak memiliki wujud dan jenis kelamin, sehingga kemiripan manusia dengan Allah bukanlah dalam hal fisik.

Lalu, dalam hal apa manusia, baik laki-laki maupun perempuan, serupa dengan Allah? Manusia serupa dengan Allah dalam hal sifat-sifat moral dan rohani, seperti kreativitas, kasih sayang, kebijaksanaan, dan tanggung jawab.

Kemampuan manusia untuk berkreasi, mengasihi, belajar, dan memimpin mencerminkan sifat-sifat Allah. Sifat-sifat inilah yang membuat manusia istimewa dan memiliki potensi untuk mengenal Allah, menjalin hubungan dekat dengan-Nya, dan menjalankan tugas sebagai khalifah di bumi.

Baik laki-laki maupun perempuan sama-sama diciptakan menurut citra Allah dan memiliki potensi untuk mengembangkan sifat-sifat mulia tersebut. Kesadaran akan hal ini membimbing kita untuk saling menghargai dan bekerja sama dalam mewujudkan kasih dan keadilan di bumi.