Kalau Demikian Bagaimana Kedudukan Manusia Dibandingkan dengan Ciptaan Lainnya?

Dalam ayat 28, setelah Allah memberkati manusia, Allah memberi kuasa kepada manusia untuk menaklukkan dan menguasai ciptaan lainnya. Kalau demikian bagaimana kedudukan manusia dibandingkan dengan ciptaan lainnya?

Jawaban:

Dibandingkan dengan ciptaan lainnya, manusia memiliki kedudukan istimewa dan tanggung jawab besar untuk mengelola bumi dan ciptaan lainnya dengan bijak dan penuh kasih.

Penjelasannya:

Meskipun manusia dianugerahi kuasa untuk "menaklukkan dan menguasai" ciptaan lain dalam ayat 28 Kejadian 1:26-28, bukan berarti manusia bebas bertindak seenaknya. Keistimewaan ini diiringi dengan tanggung jawab besar untuk mengelola bumi dan seluruh isinya dengan penuh kebijaksanaan dan kasih sayang.

Manusia diciptakan menurut gambar Allah, diberkati dan dikaruniai kedudukan istimewa dibandingkan ciptaan lainnya. Hal ini berarti manusia diharapkan mampu mencerminkan sifat-sifat baik Allah dalam pengelolaannya. Kata "menaklukkan" dan "menguasai" tidak boleh diartikan secara brutal atau eksploitatif, melainkan sebagai tanggung jawab untuk menjaga kelestarian ciptaan Tuhan.

Manusia harus bijak dalam menggunakan sumber daya alam, demi kebaikan dan kelestarian alam semesta. Kepercayaan yang diberikan Tuhan kepada manusia untuk menjadi pelayan dan pengurus ciptaan lainnya harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab.