Jelaskan Mengapa Cita-Cita Bangsa Indonesia yang Digagaskan oleh Pendiri Bangsa, Soekarno-Hatta dan Para Pendiri Lainnya, Masih Terus Diperjuangkan Hingga Saat Ini

Jelaskan mengapa cita-cita bangsa Indonesia yang digagaskan oleh pendiri bangsa, Soekarno-Hatta dan para pendiri lainnya, masih terus diperjuangkan hingga saat ini!

Jawaban:

Cita-cita bangsa Indonesia masih terus diperjuangkan hingga saat ini karena belum sepenuhnya terwujud. Generasi penerus bangsa memiliki tanggung jawab untuk melanjutkan perjuangan para pendiri bangsa dalam mewujudkan cita-cita bangsa. Umat Katolik memiliki peran penting dalam mewujudkan cita-cita bangsa dengan semangat kasih dan persaudaraan.

Penjelasannya:

Cita-cita bangsa Indonesia, yang digagas oleh para pendiri bangsa seperti Soekarno-Hatta, masih terus diperjuangkan hingga saat ini. Hal ini bukan tanpa alasan. Meskipun Indonesia telah mencapai banyak kemajuan sejak kemerdekaan, cita-cita yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945, yaitu melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, masih belum sepenuhnya terwujud.

Tantangan dan permasalahan seperti kemiskinan, kesenjangan sosial, korupsi, dan radikalisme masih menjadi hambatan dalam mencapai cita-cita bangsa. Di sinilah peran generasi penerus bangsa menjadi sangat penting. Mereka memiliki tanggung jawab untuk melanjutkan perjuangan para pendiri bangsa dan tidak boleh berhenti berusaha sampai cita-cita tersebut terwujud.

Visi Indonesia 2045, yang merupakan penjabaran dari cita-cita bangsa, menjadi arah dan tujuan pembangunan nasional dalam jangka panjang. Untuk mencapai visi ini, diperlukan upaya dan kerja keras dari seluruh elemen bangsa, termasuk umat Katolik.

Umat Katolik memiliki peran penting dalam mewujudkan cita-cita bangsa dengan semangat kasih dan persaudaraan. Mereka dapat berkontribusi dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan sosial. Contohnya, mendirikan sekolah dan lembaga pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, mendirikan rumah sakit dan klinik untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, mengembangkan usaha kecil dan menengah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan melakukan kegiatan sosial dan kemanusiaan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.