Jelaskan Makna Ajaran Rasul Paulus Tentang Hubungan Masyarakat Dengan Pemerintah (Roma 13: 1)!

Jelaskan makna ajaran Rasul Paulus tentang hubungan masyarakat dengan pemerintah (Roma 13: 1)!

Jawaban:

Makna ajaran Rasul Paulus tentang hubungan masyarakat dengan pemerintah berdasarkan injil Roma 13: 1 adalah sebagai warga masyarakat kita harus taat kepada pemerintah dan Allah. Masyarakat harus menjalankan kewajibannya sebagai warga negara dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai Kristiani.

Penjelasannya:

Ajaran Rasul Paulus dalam Injil Roma 13:1 menegaskan pentingnya ketaatan dan kepatuhan kepada pemerintah yang sah. Ketaatan ini didasari oleh keyakinan bahwa pemerintah memiliki otoritas yang sah dan patut dihormati, karena Allah sendirilah yang mengangkatnya.

Namun, ketaatan kepada pemerintah tidak bersifat mutlak. Masyarakat tetap harus mematuhi hukum Allah dan tidak boleh mengikuti perintah pemerintah yang bertentangan dengan kehendak Allah. Jika terjadi pertentangan, ketaatan kepada Allah harus diutamakan.

Masyarakat harus menyeimbangkan kedua kewajiban ini: ketaatan kepada pemerintah dan Allah. Dalam situasi yang rumit, masyarakat harus berdoa dan memohon kebijaksanaan Allah untuk menentukan jalan yang tepat.

Contoh penerapan ajaran Paulus ini dapat dilihat dalam berbagai aspek kehidupan. Masyarakat membayar pajak kepada pemerintah, mengikuti aturan lalu lintas, dan menjalankan kewajiban lainnya sebagai warga negara. Namun, jika pemerintah memerintahkan sesuatu yang bertentangan dengan kehendak Allah, seperti menindas kelompok minoritas, masyarakat harus menolaknya dan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai Kristiani.