Jelaskan Bagaimana Semangat Gotong-Royong Dalam Hidup Masyarakat yang Majemuk

Jelaskan bagaimana semangat gotong-royong dalam hidup masyarakat yang majemuk!

Jawaban:

Semangat gotong royong dalam hidup masyarakat yang majemuk terwujud dengan mengesampingkan perbedaan, seperti prasangka agama, suku, dan golongan. Kita harus menemukan persamaan dengan berfokus pada kebutuhan dan kepentingan bersama. Dengan saling tolong menolong dan bekerja sama, masyarakat majemuk dapat membangun komunitas yang rukun dan mencapai tujuan bersama, seperti keamanan lingkungan, kerukunan warga, dan kemajuan bersama.

Penjelasannya:

Kisah Yesus dan perempuan Samaria dalam Injil Yohanes 4:1-42, meskipun tidak secara langsung menyebutkan gotong royong, mengandung nilai-nilai luhur yang dapat diterapkan dalam hidup bermasyarakat yang majemuk.

Yesus menunjukkan sikap yang luar biasa dengan memecah belah tembok pemisah dan bersedia meminta tolong serta bercakap-cakap dengan perempuan Samaria, meskipun saat itu terdapat prasangka dan permusuhan antara orang Yahudi dan Samaria. Tindakan Yesus ini menunjukkan bahwa dalam semangat gotong royong, kita harus menurunkan prasangka dan mau bekerja sama dengan siapa saja demi kebaikan bersama.

Yesus tidak fokus pada perbedaan agama atau suku, tetapi berbicara tentang kebutuhan dasar manusia yaitu air (ayat 13-14). Dalam masyarakat majemuk, menemukan persamaan dengan berfokus pada kebutuhan dan kepentingan bersama adalah langkah penting untuk membangun fondasi gotong royong.

Kisah ini juga menunjukkan nilai saling menolong. Perempuan Samaria yang awalnya ragu, tergerak untuk memberitahu orang lain tentang Yesus (ayat 28-29). Tindakannya ini merupakan contoh bagaimana gotong royong dapat terwujud melalui tindakan saling membantu tanpa memedulikan perbedaan.

Kisah Yesus dan perempuan Samaria merupakan contoh inspiratif tentang bagaimana semangat gotong royong dapat diterapkan dalam hidup bermasyarakat yang majemuk. Dengan mengesampingkan perbedaan, menemukan persamaan, saling tolong menolong, dan bekerja sama, kita dapat membangun komunitas yang rukun dan mencapai tujuan bersama.