Jelaskan Apa Ajaran Gereja Tentang Membangun Perekonomian Masyarakat Dalam Gaudium et Spes artikel 64

Jelaskan apa ajaran Gereja tentang membangun perekonomian masyarakat dalam Gaudium et Spes artikel 64!

Jawaban:

Ajaran Gereja tentang membangun perekonomian masyarakat dalam Gaudium et Spes artikel 64 adalah bahwa ekonomi haruslah berpusat pada manusia dan bukan pada keuntungan. Ekonomi haruslah manusiawi, adil, berkelanjutan, dan solidaritas. Umat Katolik didorong untuk terlibat dalam membangun perekonomian yang adil dan manusiawi dengan berbagai cara, seperti mengembangkan usaha kecil dan menengah, menjadi relawan di organisasi sosial, dan mendorong kebijakan ekonomi yang adil.

Penjelasannya:

Ajaran Gereja tentang membangun perekonomian masyarakat ditegaskan dalam Gaudium et Spes artikel 64. Inti ajaran ini adalah bahwa ekonomi harus berpusat pada manusia dan bukan pada keuntungan.

Tujuan utama ekonomi bukanlah semata-mata keuntungan atau kekuasaan bagi segelintir orang, melainkan pelayanan kepada manusia seutuhnya. Ekonomi haruslah melayani kebutuhan manusia, baik jasmani (seperti sandang, pangan, papan) maupun rohani (seperti pendidikan, moral, dan spiritual).

Ekonomi yang ideal haruslah adil dan merata, sehingga semua orang, tanpa terkecuali, memiliki kesempatan untuk hidup sejahtera. Moralitas juga menjadi landasan penting dalam menjalankan ekonomi. Ekonomi haruslah dijalankan dengan cara yang etis dan bertanggung jawab, tidak boleh dengan cara yang menindas atau merugikan orang lain.

Gereja mendorong umat Katolik untuk terlibat aktif dalam membangun perekonomian yang adil dan manusiawi. Umat Katolik dapat berkontribusi dengan berbagai cara, seperti:
  • Mengembangkan usaha kecil dan menengah
  • Menjadi relawan di organisasi sosial
  • Mendorong kebijakan ekonomi yang adil

Dengan membangun perekonomian yang adil dan manusiawi, umat Katolik turut mewujudkan Kerajaan Allah di bumi.