Jelaskan Alasan Kita Patut Bersyukur Kepada Allah dan Patut Merasa Bangga Sebagai Perempuan atau Laki-Laki

Jelaskan alasan kita patut bersyukur kepada Allah dan patut merasa bangga sebagai perempuan atau laki-laki!

Jawaban:

Kita patut bersyukur kepada Allah karena diciptakan dengan istimewa menurut gambar dan rupa-Nya, dan dipercaya untuk mengurus bumi. Kita juga patut merasa bangga sebagai perempuan atau laki-laki karena kodrat kita masing-masing memiliki kelebihan dan peran penting dalam rencana Allah.

Penjelasannya:

Sebagai manusia, kita patut bersyukur kepada Allah dan merasa bangga atas kodrat kita sebagai perempuan atau laki-laki. Keistimewaan ini terungkap dalam Kejadian 1:26-31a, di mana Allah menciptakan manusia menurut gambar dan rupa-Nya. Keistimewaan ini diiringi dengan kepercayaan Allah kepada manusia untuk menjaga, merawat, dan memakmurkan bumi.

Kesempurnaan ciptaan Allah ini ditegaskan dengan pernyataan bahwa segala ciptaan-Nya, termasuk manusia, "sungguh amat baik." Ini berarti kodrat kita sebagai perempuan atau laki-laki adalah sempurna menurut rencana Allah.

Keunikan perempuan dan laki-laki, dengan kelebihan dan peran masing-masing, justru menunjukkan kesempurnaan ciptaan Allah. Perempuan dan laki-laki saling melengkapi dan dapat menjalankan tugas sebagai khalifah (pemimpin) di bumi bersama-sama.

Oleh karena itu, sebagai perempuan atau laki-laki, marilah kita bersyukur atas karunia Allah ini dan bangga dengan kodrat kita. Marilah kita gunakan kelebihan dan peran kita untuk bersama-sama menjalankan tugas mulia sebagai khalifah di bumi.