Apakah Berarti Manusia Itu Sama dengan Allah?

Dalam ayat 26 dan 27 dikatakan bahwa Allah menciptakan manusia, laki- laki dan perempuan menurut gambar dan rupa Allah atau sering disebut manusia itu citra Allah. Apakah berarti manusia itu sama dengan Allah?

Jawaban:

Tidak. Manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah, tetapi tidak sama dengan Allah.

Penjelasannya:

Manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah (Kejadian 1:26-27). Ungkapan ini sering diartikan sebagai "Manusia adalah citra Allah", tetapi bukan berarti manusia sama dengan Allah.

Meskipun manusia berbeda dengan Allah dalam banyak hal, seperti Allah adalah pencipta dan manusia adalah ciptaan, Allah adalah roh yang kekal dan manusia adalah makhluk fisik yang fana, dan Allah memiliki kuasa dan pengetahuan yang tidak terbatas sedangkan manusia memiliki keterbatasan, manusia memiliki beberapa kesamaan dengan Allah.

Manusia memiliki kemampuan untuk berpikir, berakal, dan membuat pilihan, seperti Allah yang rasional. Manusia juga memiliki kemampuan untuk mengasihi dan berbelas kasih, mencerminkan kasih Allah. Kemampuan manusia untuk berkreasi dan menciptakan menunjukkan bahwa manusia diciptakan untuk turut serta dalam karya ciptaan Allah.