Coba Anda amati perkembangan bisnis saat ini, terutama bisnis konvensional yang sangat terpuruk karena kehadiran perkembangan teknologi yang sangat pesat dan hal ini mempengaruhi perubahan lingkungan di sekitar kita terutama perubahan lingkungan budaya. Hal ini mempunyai dampak positif dan negatif terhadap kemajuan bisnis atau usaha di sekitar kita terutama usaha bisnis secara konvensional. Jelaskan argumentasi Anda, bagaimana sebaiknya pemerintah bertindak dalam mengatasi kondisi bisnis dan usaha yang saat ini terjadi?

Coba Anda amati perkembangan bisnis saat ini, terutama bisnis konvensional yang sangat terpuruk karena kehadiran perkembangan teknologi yang sangat pesat dan hal ini mempengaruhi perubahan lingkungan di sekitar kita terutama perubahan lingkungan budaya. Hal ini mempunyai dampak positif dan negatif terhadap kemajuan bisnis atau usaha di sekitar kita terutama usaha bisnis secara konvensional.

Jelaskan argumentasi Anda, bagaimana sebaiknya pemerintah bertindak dalam mengatasi kondisi bisnis dan usaha yang saat ini terjadi?

Jawaban:

Perkembangan teknologi yang pesat membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia bisnis. Bisnis konvensional yang dulunya menjadi primadona kini terguncang dengan kehadiran platform digital dan teknologi canggih. Hal ini membawa dampak positif dan negatif bagi kemajuan bisnis, khususnya bisnis konvensional, dan membawa perubahan pada lingkungan di sekitar kita, termasuk lingkungan budaya.

Dampak Positif
  • Teknologi memungkinkan otomatisasi proses bisnis, meningkatkan produktivitas, dan menghemat waktu dan biaya. Hal ini membawa keuntungan bagi bisnis konvensional dalam beradaptasi dan bersaing di era digital.
  • Jangkauan pasar tidak lagi terbatas pada lokasi fisik. Platform online memungkinkan bisnis konvensional menjangkau pelanggan di seluruh dunia, meningkatkan peluang penjualan dan pertumbuhan bisnis.
  • Teknologi memungkinkan bisnis konvensional untuk memberikan layanan yang lebih personal, cepat, dan mudah diakses, meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun loyalitas.
  • Teknologi membuka peluang untuk model bisnis baru yang inovatif, seperti e-commerce, fintech, dan layanan berbasis aplikasi. Hal ini mendorong diversifikasi dan pertumbuhan ekonomi.

Dampak Negatif
  • Bisnis yang tidak beradaptasi dengan teknologi terancam gulung tikar. Platform digital mendominasi pasar, sehingga bisnis konvensional harus berinovasi dan bertransformasi untuk bertahan.
  • Konsumen beralih ke platform online untuk berbelanja dan mencari informasi. Hal ini berdampak pada bisnis konvensional yang bergantung pada interaksi fisik dengan pelanggan.
  • Tidak semua orang memiliki akses dan kemampuan untuk menggunakan teknologi. Hal ini dapat memperlebar kesenjangan ekonomi dan sosial, terutama bagi pelaku usaha kecil dan menengah.
  • Budaya konsumsi dan interaksi sosial berubah dengan hadirnya teknologi. Hal ini dapat berdampak pada nilai-nilai budaya dan tradisi masyarakat.

Peran Pemerintah

Pemerintah memiliki peran penting dalam membantu bisnis konvensional beradaptasi dan berkembang di era digital dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  • Menyediakan akses internet yang terjangkau dan memadai di seluruh wilayah, terutama untuk daerah pedesaan dan terpencil.
  • Memberikan pelatihan dan edukasi kepada masyarakat dan pelaku usaha tentang penggunaan teknologi untuk bisnis.
  • Mendukung penelitian dan pengembangan teknologi untuk sektor UMKM dan bisnis konvensional.
  • Menciptakan regulasi yang adil dan kondusif bagi bisnis konvensional di era digital, serta melindungi hak konsumen.
  • Mendorong kolaborasi antara bisnis konvensional dan platform digital untuk meningkatkan daya saing dan membuka peluang baru.

Dengan upaya bersama dari pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat, bisnis konvensional dapat memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan daya saing dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.