Berdasarkan Cerita, Bagaimana Caranya Untuk Hidup Saling Berdampingan?

Berdasarkan cerita, bagaimana caranya untuk hidup saling berdampingan?

Jawaban:

Cara untuk hidup saling berdampingan berdasarkan cerita diatas adalah dengan menghormati tradisi dan kebiasaan satu sama lain, saling terbuka dan percaya, menghargai perbedaan, dan bekerja sama.

Penjelasannya:

Cerita "Indahnya Kebersamaan" melukiskan bagaimana hidup saling berdampingan dapat terwujud. Kita dapat mencontohnya dengan menghormati tradisi dan kebiasaan satu sama lain. Hal ini terlihat dari keluarga Romo Philipus yang saling mengunjungi dan memberi makanan saat Ramadhan dan Idul Fitri, serta umat Islam dan Katolik di Maundai yang membangun makam berdampingan. Sikap saling menghormati ini diperkuat dengan sikap terbuka dan saling percaya. Romo Berto menjalin pertemanan dengan Muslim di Yogyakarta dan membangun paguyuban lintas iman, di mana mereka bertemu, berkumpul, berdoa, dan berusaha bersama-sama.

Menghargai perbedaan juga menjadi kunci penting. Romo Philipus dan Romo Berto memahami dan menghargai ajaran Islam, dan paguyuban lintas iman yang mereka dirikan memberdayakan iman dan ekonomi para anggotanya. Kerjasama menjadi pilar terakhir dalam membangun kehidupan yang berdampingan. Keluarga Romo Philipus membantu tetangga Muslim mereka yang sedang berpuasa, Romo Berto menjadi dosen tamu di UIN Sunan Kalijaga, dan paguyuban lintas iman berusaha bersama-sama untuk meningkatkan kehidupan anggotanya.