Berapa Usia Yesus Pada Saat Itu?

Berapa usia Yesus pada saat itu?

Jawaban:

Yesus berusia 12 tahun saat peristiwa dalam Lukas 2:41-52 terjadi. Hal ini dapat dilihat dari ayat 42 yang menyebutkan bahwa Yesus pergi ke Yerusalem "ketika Yesus telah berumur dua belas tahun".

Penjelasannya:

Injil Lukas 2:41-52 menceritakan kisah Yesus saat berusia 12 tahun. Dalam perjalanan pulang dari Paskah di Yerusalem, Yesus terpisah dari orang tua-Nya. Ketika ditemukan, Dia sedang duduk di Bait Allah, berdialog dengan para ahli Taurat. Orang tua-Nya terkejut, namun Yesus menunjukkan pemahaman tentang identitas-Nya, "Bukankah Aku harus berada di dalam rumah Bapa-Ku?" (Lukas 2:49).

Kisah ini menunjukkan beberapa hal penting tentang Yesus muda. Pertama, Dia memiliki rasa ingin tahu dan haus akan pengetahuan yang besar. Dia tidak puas hanya mengikuti tradisi, tetapi ingin memahami lebih dalam tentang dunia dan peran-Nya di dalamnya. Kedua, Dia menunjukkan keberanian untuk mengikuti panggilan-Nya, meskipun itu berarti meninggalkan orang tua-Nya. Ketiga, Dia memiliki hubungan yang spesial dengan Allah Bapa, yang Dia sebut sebagai "rumah"-Nya.

Kisah Yesus di usia 12 tahun ini menjadi inspirasi bagi kita semua untuk selalu mencari pengetahuan dan kebenaran, berani mengikuti panggilan hidup kita, dan memelihara hubungan yang erat dengan Tuhan.